Kisah 50 Tahun Perjalanan Tudor Chronograph

Ditulis oleh

Sejak Oysterdate, komplikasi chronograph menjadi begitu penting untuk Tudor.

Pada tahun 1970, Tudor meluncurkan chronograph pertama mereka, Oysterdate. Hadir dengan desain yang unik dan fungsi yang baik, jam tangan ini menjadi penanda 50 tahun dari perjalanan jam tangan chronograph Tudor. Selama 50 tahun ini, ada berapa model chronograph yang sudah dibuat oleh Tudor? Simak rangkumannya di bawah ini.

Series 7000 “Homeplate”

 

Jam tangan chronograph pertama dari Tudor bernama Oysterdate dan model ini langsung diasosiasikan sebagai jam tangan sport mekanikal. Menggunakan Valjoux 7734 calibre manual winding dengan tambahan mekanisme chronograph, jam tangan ini diluncurkan pada tahun 1970. Model ini dijuluki “homeplate” oleh para kolektor karena bentuk sub-counternya yang mirip dengan home plate pada olahraga baseball.

Tersedia dalam tiga variasi, 7031 hadir dengan bezel dari Plexiglas serta tachymeter, 7032 hadir dengan satin-brushed bezel serta tachymeter, dan 7033 hadir dengan bidirectional rotating bezel yang terbuat dari bahan alumunium. Tiga model ini, hadir dengan dua warna dial, yaitu abu-abu dan hitam.

 Series 7100 “Monte-Carlo”

Generasi kedua dari Tudor chronograph ini dirilis pada tahun 1971 dan mejeng di katalog Tudor sampai dengan tahun 1977. Disebut sebagai Tudor “Monte-Carlo” oleh para pecinta jam tangan dikarenakan dial-nya yang hadir dengan roulette wheel-style. Jam tangan ini hadir dengan movement terbaru, manual winding Valjoux 234. Movement ini memiliki fitur clutch dan column wheel.

Tudor memperkenalkan warna baru pada produk jam tangan chronograph mereka, yaitu biru dengan dial abu-abu khusus pada series 7100.

Series 9400 & 79100 “Big Block”

Pada tahun 1976, Tudor memperkenalkan model terbaru untuk memberikan revolusi pada koleksi chronograph mereka. Oysterdate terbaru ini hadir dengan self-winding movements. Case dari jam tangan ini tetap hadir dengan bentuk orisinal Oysterdate namun dibuat lebih tipis agar bisa mengakomodasi rotor dari self-winding movement.

Jam tangan ini disebut sebagai “Big Block” setelah model selanjutnya, series 79100 diperkenalkan pada tahun 1989 yang hadir dengan beberapa modifikasi. Movement di balik jam tangan chronograph ini adalah Valjoux calibre 7750. Pada desainnya, jam tangan ini hadir dalam dua versi warna pada bagian dial.

Series 79200 “Sapphire”

Pada tahun 1995, seri 79200 resmi diluncurkan ke pasaran. Peluncuran ini menandakan perbedaan yang signifikan pada segi estetika dengan model-model sebelumnya. Jika pada model-model sebelumnya bentuk case terlihat tajam, model terbaru ini hadir dengan case yang berbentuk lebih bulat.

Selain itu, jam tangan chronograph generasi keempat dari Tudor ini hadir dengan sapphire crystal, yang membuatnya dikenal sebagai “sapphire” di kalangan kolektor jam tangan. Pada bagian movement, jam tangan ini masih menggunakan Valjoux calibre 7750 namun dengan versi yang lebih baik dalam sisi estetika.

Heritage Chrono

 

Untuk merayakan ulang tahun ke-40 dari jam tangan chronograph pertama dari Tudor, mereka merilis jam tangan Heritage Chrono. Jam tangan ini hadir dengan desain modern serta mengambil estetika dari jam tangan seri 7033, menggabungkan unsur-unsur tersebut dengan detail-detail yang unik dan berkarakter.

Untuk menambahkan detail yang unik, Tudor menawarkan strap fabric dengan warna hitam, abu-abu, dan juga oranye.

Pada tahun 2013, versi terbaru dari model ini hadir dengan aksen biru pada bagian dial, Heritage Chrono Blue yang terinspirasi dari jam tangan chronograph “Monte-Carlo” yang menggunakan movement calibre 2892.

Fastrider Black Shield

Tudor membuat kejutan dengan Fastrider Black Shield, sebuah jam tangan chronograph sporty yang hadir dengan estetika baru. Memiliki case berbahan keramik berteknologi tinggi, jam tangan ini juga dilengkapi dengan self-winding mechanical movement calibre 7753 dengan fitur chronograph dan tanggal.

Untuk strapnya, model ini memiliki opsi strap kulit hitam dengan jahitan berwarna putih dan juga karet hitam.

Black Bay Chrono

Di tahun 2017 Tudor mengkombinasikan koleksi Black Bay dengan chronograph, sehingga terciptalah koleksi Black Bay Chrono. Jam tangan ini memiliki performa luar biasa dan juga desain yang unik. Ketika dirilis pada tahun 2017, jam tangan ini mendapatkan penghargaan pada Grand Prix d’Horlogerie de Genève.

Menggunakan calibre chronograph MT5813, jam tangan ini hadir dengan movement yang sangat canggih, menyuguhkan 70 jam power reserve, silicon balance spring, dan juga sudah disertifikasi oleh Swiss Official Chronometer Testing Institute (COSC). Sehingga, jam tangan mekanis yang satu ini tidak perlu lagi diragukan tentang akurasinya.

Contributor

Contributing Writer

Our secret contributor is an industry insider who has worked with well-known luxury watch marques, as well as written for numerous horological publications. He asks to remains anonymous, however, so as not to ruffle feathers with his sometimes opinionated posts.