Vacheron Constantin Fiftysix Tourbillon: 5 Hal yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh

Well, jam tangan ini mudah disukai.

Populer lebih cepat dari yang diduga. Ketika koleksi Fiftysix diperkenalkan pada awal tahun ini dalam perhelatan SIHH, para pengamat terkejut gembira dengan harga yang ditawarkan. Model paling 'basic' yang ada di koleksi tersebut, yakni yang berskema three-hand dengan steel-case dan automatic movement (gambar di bawah) dibanderol seharga US$11.700. Jika Anda bertanya pada watch connoisseur manapun, jam tangan ini pasti disebut sebagai produk Vacheron Constantin yang bagus bagi para konsumen pemula dari brand tersebut.

Fiftysix Self-winding bermaterial steel yang diluncurkan di SIHH pada Januari 2018

Meskipun koleksi debut jam tangan tersebut juga menyertai model Day-Date dan Complete Calendar, peluncuran Fiftysix Tourbillon—komplikasi paling didamba di dunia high-end watchmaking—yang dilakukan hanya berselang sembilan bulan setelah pengenalan perdana Fiftysix menunjukkan bahwa Vacheron Constantin tak akan pernah berhenti untuk menawarkan produk horologi berkelas, bahkan di tengah situasi yang menuntut segala daya upaya terus dilakukan demi menjangkau calon-calon konsumen potensial baru di dunia horologi high-end.

Tourbillon memang menjadi padanan yang sesuai. Estetika masa lalu yang dibawa koleksi Fiftysix, yang terinspirasi dari sebuah kreasi vintage Vacheron Constantin yakni Reference 6073 tahun 1956, secara indah membingkai komplikasi rumit yang diusungnya. Jendela besar pada angka 6 memberi ekspos pada kehebatan tourbillon sehingga memungkinkan pesona mekanisme teknis ini memancar.

Dapat terlihat simetri pada dial interface jam ini. Selain itu, meskipun tourbillon jelas paling menyita perhatian, nostalgia yang dihadirkan jam ini—nampak pada case lines, proporsi, dan hands serta markers yang cantik—juga kuat memikat mata yang memandangnya tanpa terasa berlebihan.

Kerampingannya sungguh mengagumkan. Kreasi Fiftysix Tourbillon akan dengan aman bermanuver di balik lengan kemeja Anda. Untuk hal ini, kita patut berterimakasih pada Calibre 2160.

Sebelumnya ditemukan pada koleksi Traditionelle Tourbillon, Calibre 2160 memiliki tinggi hanya 5,56mm. Ini terbilang mengagumkan karena automatic movement tersebut terdiri dari 188 bagian yang menyuplai power reserve hingga 80 jam. Fitur menariknya—tentunya selain tourbillon—adalah peripheral oscillating weight berbahan emas 22 karat yang membuat movement menjadi ramping.

Seperti seluruh standar jam Vacheron Constantin, detail sangat diperhatikan. Lebih dari kelebihan teknisnya, jam tangan Fiftysix Tourbillon tercipta untuk dikagumi secara saksama. Kekayaan detailnya akan semakin nyata terlihat setiap Anda menginspeksinya. Case bergaris sensual dan lugs berlekuk yang terintegrasi dibuat secara pristine dengan metode hand-finished, sebagaimana tiap komponen lain pada bagian movement. Anda bisa melihat indahnya rakitan tersebut melalui sapphire caseback. Sudah pasti tourbillon dengan carriage bentuk Maltese Cross (emblem brand Vacheron Constantin) di jam ini pantas untuk disebut secara khusus karena butuh lebih dari 12 jam pekerjaan tangan hanya untuk mendekorasi dan melakukan finishing pada komponen itu.

Meskipun begitu, Anda harus menunggu. Maaf bila kini Anda menjadi begitu tergiur dengan Fiftysix Tourbillon. Menurut pihak Vacheron Constantin, konsumen yang tertarik harus menunggu hingga April 2019 untuk dapat mengenakannya. Jam tangan ini akan tersedia secara eksklusif di butik-butik Vacheron Constantin di seluruh dunia.

Diterbitkan di Kajian Mendalam
Bio