Glossary

Search for glossary terms (regular expression allowed)

Glossaries

Term Main definition
Chronograph

Jam tangan dengan fungsi stopwatch. Selain chronograph reguler, ada juga flyback chronograph yang memungkinkan dilakukannya proses timing dari event yang berlangsung secara berturut-turut; selain itu ada juga split seconds chronograph untuk mencatat lap times.

Chronometer

Dalam hal akurasi, merupakan hal normal bagi jam tangan mekanis untuk mengalami deviasi antara 10 hingga 20 detik dari total 86.400 detik dalam sehari. Jam tangan berlabel “COSC certified chronometer” berarti bahwa movement-nya telah memenuhi standard akurasi COSC, yakni deviasi dalam rentang -4/+6 detik per hari. Jam tangan digital umumnya mengalami deviasi sekitar 1 detik atau kurang per hari.

Complication

Merujuk pada sebuah fitur atau fungsi dalam sebuah jam tangan, selain dari fungsi penunjuk waktu. Beberapa jenis complication yang sederhana adalah penunjuk tanggal, fase bulan; sementara complication yang lebih rumit adalah chronograph, tourbillon, perpetual calendar, dan minute repeater.

COSC

Contrôle Officiel Suisse des Chronomètres adalah institusi yang bertugas untuk menguji dan mensertifikasi jam tangan Swiss dalam hal akurasi. Yang mampu mendapat sertifikasi ini disebut dengan “chronometers”.