#BacaDiRumahAja CROWN Indonesia Issue #1 2022

Temukan ulasan mendalam seputar TAG Heuer Connected Calibre E4, LVMH Watch Week 2022, dan berita terkini dari dunia horologi dan perhiasan.

Antusiasme yang bercampur aduk dengan harapan dan kecemasan menyelimuti para pelaku dan penikmat industri horologi di kuartal pertama setiap tahun baru. Melalui berbagai platform, ragam brand horologi pun merilis karya teranyarnya. Meski digitalisasi membuat waktu perilisan jam tangan lebih fleksibel, daya pikat dari pameran jam tangan di kuartal pertama tetap menjaring perhatian paling masif di sepanjang tahun. Hal tersebut mungkin didukung juga oleh skema ‘siapa cepat, dia dapat’ yang memang ada benarnya. Baik dari sisi brand yang berlomba-lomba memikat para pembeli sebelum mereka melihat penawaran dari brand lain, maupun dari sisi pembeli yang mengincar ketersediaan sebuah jam tangan edisi terbatas.

Menyadari hal tersebut, Grup LVMH menyelenggarakan pameran jam tangan khusus bagi brand di bawah naungannya — Bvlgari, Hublot, TAG Heuer, dan Zenith — sejak tahun 2020 silam. Bertajuk LVMH Watch Week, sang grup dengan sigap memilih bulan Januari agar acara ini menjadi pameran jam tangan yang diselenggarakan paling pertama setiap tahunnya. Dalam perhelatannya yang ke-3 di tahun ini, CROWN Indonesia berbincang dengan representatif masing-masing brand mengenai inspirasi desain dan kemajuan teknis dari jajaran kreasi istimewa yang dipresentasikan (hal. 26).

Ketanggapan serupa juga dicerminkan oleh Arnold & Son, Chopard, dan Harry Winston yang mengapresiasi pertumbuhan pesat pelanggan mereka di Asia dengan merilis jam tangan edisi spesial pada setiap perayaan Tahun Baru Imlek. Di tahun 2022 ini, ketiga brand tersebut mengerahkan kepiawaian artisan-artisannya dalam mengkreasikan dial dekoratif untuk para penggemarnya yang bershio macan (hal. 36).

Satu lagi brand yang tak kalah jeli dalam merangkul kesempatan adalah TAG Heuer. Menanggapi tren jam tangan pintar yang merebak pada dekade 2010-an, sang brand merilis koleksi Connected yang mengombinasikan warisan horologi Swiss dengan teknologi canggih nan modern di saat brand sejawatnya tak berani mengambil risiko. Tujuh tahun berlalu, TAG Heuer masih memimpin kategori jam tangan pintar mewah dengan memperkenalkan generasi ke-4 bertajuk Connected Calibre E4 — menghiasi sampul depan majalah kami edisi ini — yang semakin rupawan dan reliabel dengan berbagai pembaruannya (hal. 20).

Kecermatan berbagai brand tadi dalam merangkul kesempatan yang sepenuhnya baru, bahkan mengubah ancaman menjadi kesempatan menunjukkan evolusi industri horologi ke arah yang lebih progresif. Hal ini tentunya melegakan, mengingat industri yang menjunjung tinggi warisan dan tradisi ini kerap dinilai lambat dalam beradaptasi. Kami jadi semakin tak sabar untuk menyaksikan apalagi yang industri ini sajikan di Watches & Wonders mendatang. Akhir kata, selamat membaca dan sampai jumpa di edisi selanjutnya!

 

SHANNON HARTONO

 

Klik di sini untuk #BacaDiRumahAja edisi terbaru dari CROWN Indonesia


Ditulis oleh

End of content

No more pages to load