OMEGA Master Chronometer: Atas Nama Presisi

Ditulis oleh

Sebuah gelar sakral dengan standar tertinggi.

Dalam seni pembuatan jam tangan, tingkat presisi dapat diukur dengan detik. Bagi kebanyakan orang, hal tersebut sepertinya kecil, namun untuk Omega, detik-detik tersebut mewakili hasil kerja seumur hidup.

Bahkan pada tahun 1848, saat Louis Brandt duduk dan membuat jam tangan-jam tangan pertamanya, dia berambisi untuk membuat mesin jam tangan seakurat mungkin. Dedikasi ini membawanya menghasilkan kaliber 19-ligne "OMEGA" pada tahun 1894, yang sangat dikagumi dan revoulsioner di dalam industri jam tangan, dan tidak lama kemudian menjadi nama perusahaan.

Setelah itu Omega tak berhenti menghasilkan mesin jam tangan yang meraih berbagai penghargaan dalam pengujian observatorium dan reputasinya akan keakurasian waktu terus meningkat. Pada tahun 1932 Omega terpilih sebagai pencatat waktu resmi Olimpiade Los Angeles, Amerika Serikat.

Bagi Omega, ketepatan waktu masih tetap menjadi tanda sejati dari kualitas pembuatan jam tangan mekanis. Oleh sebab itu sejak tahun 2015, Omega selalu melakukan pengujian OMEGA Master Chronometer untuk setiap jam tangan yang diproduksinya untuk memberikan para konsumen suatu bentuk transparansi dan bukti ketepatan dan kinerja yang dapat dipercaya.

Lalu bagaimana cara Master Chronometer meningkatkan standar? Dalam insdustri jam tangan Swiss, sertifikasi "chronometer" COSC adalah benchmark akhir untuk sebuah keakurasian. Namun bagi Omega itu hanyalah awal. Pengujian COSC hanya membuktikan ketepatan sebuah mesin jam tangan (-4/+6 detik per hari, diuji dalam 5 posisi). Sejak 2015 Omega menggunakan pengujian standar itu pada langkah awal, yang kemudian dilanjutkan lagi dengan 8 langkah pengujian Master Chronometer selama 10 hari, termasuk kekedapan air, fluktuasi suhu dan pemamparan terhadap medan magnet sekuat 15,000 gauss. Syarat ketepatan (0/+5 detik per hari diuji dalam 6 posisi, tergantung kategori) membuktikan bahwa jam tangan berfungsi dalam puncak ketepatan tertinggi.

Badan Meteorologi Federal Swiss (METAS) — lembaga resmi pemerintah Swiss yang berwenang atas prosedur pengukuran ketepatan — secara resmi memastikan bahwa pengujian Master Chronometer yang dilakukan di markas besar Omega di Bienne tidak menyisakan ruang untuk keraguan.

Calibre 8901 movement pertama Omega bersertifikasi METAS

Omega menekankan bahwa setiap jam tangan yang tidak lulus pengujian 8 tahap Master Chronometer tidak akan pernah berakhir di pergelangan tangan Anda.

Berikut kedelapan langkah pengujian tersebut:

  1. Fungsi dari mesin yang lulus uji COSC diuji kembali dalam medan magnet 15.000 gauss.
  2. Fungsi dari jam tangan utuhnya diuji dalam medan magnet 15.000 gauss
  3. Pengujian tingkat ketepatan chronometer jam tangan diuji selama 24 jam setelah pemaparan pada medan magnet 15.000 gauss
  4. Pengujian ketepatan chronometer rata-rata harian diuji dalam periode 4 hari dan dipaparkan kepada medan magnet 15.000 gauss
  5. Pengujian kemampuan power reserve apakah sudah sesuai rancangan
  6. Pengujian ketepatan chronometer jam tangan dalam 6 posisi
  7. Pengujian ketepatan chronometer jam tangan dalam kondisi daya tersimpan 100% dan 33%
  8. Pengujian kekedapan air

 

Diterbitkan di Omega Articles
Di tag dibawah Omega Master Chronometer