Omega Seamaster Planet Ocean Deep Black: Ulasan dan Harga Indonesia

Ditulis oleh

Koleksi jam tangan terbaru ini terasa sangat nyaman di air maupun di ketinggian.

Omega Seamaster Planet Ocean Deep Black

Tak lama setelah peluncurannya, jam Seamaster Planet Ocean Deep Black terbaru langsung dibandingkan dengan seri Speedmaster ‘Dark Side of the Moon’ yang diperkenalkan pada tahun 2014 dan menuai sukses besar sebagai seri Speedys paling laris serta mengungguli jam tangan lainnya. Banyak orang menyebut seri terbaru ini sebagai “Grey Side of the Moon” atau “White Side of the Moon”.

Deep Black memang berupaya untuk mencapai tingkat kesuksesan tinggi sebagaimana Dark Side (tampaknya penggunaan warna raven nan seksi seperti Dark Side menjadi salah satu strategi yang dipakai). Akan tetapi Deep Black bukan hanya memiliki kesamaan dengan Dark Side dalam hal tampilan, ada juga perbedaan-perbedaan signifikan yang membuat Deep Black menjadi pemenang dalam kategorinya sendiri.

Omega Seamaster Planet Ocean Deep Black case back

Sebagaimana jam tangan Dark Side, fitur utama dari Deep Black adalah konstruksinya yang berbahan keramik. Namun Deep Black melangkah lebih maju dengan menghadirkan case yang terbuat dari keramik utuh disertai dengan unidirectional bezel dan dial bermaterial keramik. Lebih mengagumkan lagi, Omega melengkapi seri ini dengan sistem penguncian baru bernama ‘Naiad’.

Dengan sistem Naiad, caseback keramik jam tersebut secara sempurna terkunci dengan chassis utama sehingga menjamin ketahanan air hingga 600 meter. Hasilnya bukan hanya tampilan jam yang mewah tapi juga kuat dan sangat ringan oleh karena karakter keramiknya yang keras dan tidak berat.

Sebagai sebuah jam tangan menyelam, pembuatan Deep Black harus memenuhi seperangkat kriteria dan jam tersebut berhasil mencapai semuanya. Jam tangan ini memiliki fitur-fitur water resistance, helium escape valve, unidirectional bezel untuk mengukur waktu menyelam, layar luminescent dengan tingkat kejernihan baca yang tinggi, dan case anti-gores kuat yang sangat penting bagi keamanan saat menyelam di kedalaman laut.

Koleksi Deep Black ini menjadi lebih hebat dengan fungsi GMT dan anti-magnetic resistance hingga 15.000 gauss, dan Master Chronometer Calibre 8906 automatic movement yang teruji oleh serangkaian tes ketat dari METAS, yakni Swiss Federal Institute of Metrology. Terdapat 4 pilihan mode, yaitu case keramik hitam, case keramik dengan bezel emas Sedna 18K, case keramik dengan bezel keramik dikombinasi dengan bahan karet warna biru atau merah.

Sebagaimana jam tangan menyelam mewah lain, Deep Black tampaknya akan lebih sering digunakan di darat atau pesawat dibanding ekspedisi menyelam yang sesungguhnya. Namun melihat fitur-fitur bawah airnya yang mumpuni, jam tangan itu sangat siap untuk dibawa menyelam kala dibutuhkan.

Omega Seamaster Planet Ocean Deep Black 2016 full collection

 Case

45.50mm, keramik hitam

 Dial

Keramik hitam yang dipoles dengan aplikasi indeks emas putih, dan Super-LumiNova putih dengan pancaran biru

 Movement

Self-winding Omega Co-Axial Master Chronometer Calibre 8906

 Strap

Kulit tahan air untuk model emas Sedna, rubber hitam untuk model lainnya. Semua model memiliki fold-over clasp bahan keramik

 Fungsi

GMT, jam, menit, detik, tanggal

 Power reserve

60 jam

 Harga

S$16,150 untuk case keramik, S$21,500 untuk case keramik dengan emas Sedna
Diterbitkan di Omega Articles
Di tag dibawah omega seamaster deep black
Alvin Wong

Editor-in-Chief

Alvin promises not to be a douche when talking about watches. He may have scoured the Basel and Geneva watch fairs for the past 15 years, and played an instrumental role to the growth of Singapore's pioneering horological and men's lifestyle publications, but the intrepid scribe seeks to learn something new with each story he writes.  

www.crownwatchblog.com