5 Hal yang Patut Anda Ketahui Mengenai Versi Terbaru Rolex Oyster Perpetual Air-King

Ditulis oleh

Sambut versi terbaru dari seri Air-King.

KEMBALINYA SERI AIR-KING

Untuk sekian lama, seri Air-King merupakan salah satu kreasi lansiran Rolex yang paling banyak diminati oleh para penggemar jam tangan dan bahkan Senator Amerika Serikat John McCain dikenal sebagai penggemar seri ini. Namun ketika keberadaanya mulai menghilang dari katalog produk terbaru Rolex selama beberapa tahun belakangan, para penggemarnya mulai berspekulasi bahwa Rolex akan berhenti memproduksi seri ini. Menjawab rasa penasaran tersebut, jam tangan ikonis ini pun dirilis kembali dengan sematan nama “Air-King” yang ditulis dengan desain huruf yang khusus dirancang untuk jam tangan ini pada dekade 1950-an. Kemunculan kembalinya pun disambut antusias sekaligus kelegaan oleh para penggemarnya di seluruh dunia.

SERI INI DIRANCANG UNTUK DUNIA PENERBANGAN

Pilot kenamaan asal Inggris Charles Douglas Barnard pernah berujar mengenai seri Oyster, “Kualitas mumpuni yang dimiliki oleh jam tangan Rolex ini cocok diperuntukan untuk mendukung kegiatan penerbangan dan saya mengusulkan untuk mengenakannya pada semua penerbangan jarak jauh saya di kemudian hari.” Seri terbaru Air-King ini sendiri terinspirasi dari sejarah yang dimiliki seri Oyster di dunia penerbangan dengan menggunakan dial dalam warna jet black yang membuatnya lebih jelas dalam menunjukkan pergerakan setiap menit kala melakukan pembacaan waktu navigasi.


MEMILIKI FITUR KETAHANAN YANG KUAT

Kerahasiaan dan kekuatan craftsmanship dari jam tangan ini dijaga betul oleh Rolex. Di mana Anda hampir dipastikan tidak dapat membongkar case di bagian belakang. Karena hanya tim artisan Rolex yang memiliki akses dan instrumen khusus untuk membukanya. Seri Air-King ini juga memiliki fitur ketahanan air melalui sistem Twinlock double waterproof yang terdapat pada bagian crown screw miliknya yang ikonis. 

TERLINDUNG DARI PENGARUH KEKUATAN MAGNETIS

Kalimat di atas mungkin terdengar seperti dialog yang Anda dengar saat sedang menonton film bertemakan superhero, namun dapat dikatakan sedikit memiliki keterkaitan. Selain case yang dirancang anti air, Rolex juga merancangnya untuk tahan akan kekuatan magnet yang dapat memengaruhi akurasi. Hal ini tentu sangat berguna bagi para pilot yang kerap melintasi daerah berkekuatan magnet tinggi. Jam tangan ini juga didukung dengan teknologi Parachrom hairspring yang dikembangkan sebagai sebuah sistem anti-magnetic serta resistan terhadap perubahan temperatur.

LEBIH DARI SEKADAR AKURASI

Teknologi Rolex Superlative Chronometer yang dimilikinya mungkin dapat diibaratkan dengan teman semasa sekolah Anda yang selalu mendapat nilai sempurna dan tidak pernah merasa puas ketika mendapat nilai 99. Tidak hanya harus melewati tes chronometer yang ketat dan melebihi standar untuk jam tangan pada umumnya, akurasi yang dimilikinya hingga -2/+2 detik per hari setelah jam tangan dibuat. Hasil tersebut bahkan dua kali lebih baik guna memenuhi syarat untuk membuatnya menjadi official chronometer.

Diterbitkan di Rolex Articles
Di tag dibawah rolex oyster airking
Melissa Kong

Online Editor

Like most people these days, Melissa tells the time with her phone. She considers serious timepieces works of art and thinks the perpetual calendar is the handiest complication to date (pun not intended). She's also a Grammar Nazi but promises not to judge if you can't tell the difference between "guilloche" and "guillotine".