Enam Terobosan Penting Inovasi Komponen Jam Tangan Rolex

Ditulis oleh

Rolex indah di luar dan dalam.

Apa Saja Komponen Jam Tangan Rolex?

Sementara rekan-rekannya saling berteriak satu sama lain untuk merayu para pecinta jam dengan complications yang hebat dan berbagai calibre baru tahun demi tahun, Rolex tetap mencuat dengan bertahan pada pendiriannya. Namun itu tidak berarti mereka tidak membuat jam tangan yang sangat kuat dan dapat diandalkan yang berisi banyak inovasi. Berikut ini adalah enam di antaranya yang perlu Anda ketahui:

Chronergy Escapement

Peningkatan paling signifikan dalam movement seri 3200 Rolex adalah escapement Chronergy yang baru dipatenkan. Alih-alih menciptakan kembali lever escapement Swiss tradisional yang terpercaya, Rolex mengoptimalkan desainnya, terutama dengan membuat skeleton pada escape wheel dan merekayasa ulang pallet fork secara maksimal, untuk menghasilkan peningkatan sebesar 15 persen dalam hal transmisi energi. Karena dibuat dalam nikel-fosfor, escapement Chronergy juga praktis tahan terhadap gaya magnet.

Perpetual Rotor

Dipelopori oleh Rolex pada tahun 1931, Perpetual Rotor berputar bebas sesuai dengan gerakan pergelangan tangan seseorang untuk memutar mainspring yang memberi daya pada jam tangan. Inovasi ini telah sepenuhnya dirancang ulang dengan reversing wheel baru yang memungkinkan putaran di kedua arah. Selain itu terdapat pula sebuah monobloc oscillating weight untuk efisiensi putaran yang lebih besar, dan cut-out pada oscillating weight untuk menyerap guncangan. Ditambah dengan sebuah mainspring berkapasitas tinggi, terdapat peningkatan power reserve sebesar 50 persen menjadi 70 jam.

Parachrom Hairspring

Diperkenalkan pada tahun 2000, hairspring Parachrom yang sudah dipatenkan mungkin bukan hal baru, tetapi telah mendapatkan tempatnya di sini karena telah terbukti 10 kali lebih tahan terhadap guncangan daripada hairspring konvensional, berkat elastisitasnya yang luar biasa. Terbuat dari paduan niobium dan zirkonium, ia tahan terhadap medan magnet dan variasi temperatur dan memiliki fitur overcoil Rolex yang dioptimalkan yang meningkatkan presisi chronometric dengan melawan efek gravitasi.

Paraflex Shock Absorber

Dikembangkan dan dipatenkan oleh Rolex pada 2005, shock absorber Paraflex melindungi bagian paling sensitif dalam suatu movement - oscillator (terdiri dari hairspring, balance wheel, dan balance staff). Tanpa shock absorber yang efektif, movement dapat sepenuhnya berhenti dengan benturan keras dan terutama jika jam tangan terjatuh. Didesain menggunakan pemodelan 3D dinamis, Paraflex meningkatkan resistensi guncangan hingga 50 persen, menahan oscillator di tempatnya agar tetap beroperasi tanpa risiko deformasi.

Proprietary Balance Wheel

Balance wheel dengan parachrom hairspring dan balance staff

Menampilkan geometri yang didesain ulang, balance wheel besar dengan variable inertia diproduksi dengan teknologi micromachining terbaru, seperti LiGA, yang meningkatkan distribusi bobotnya hingga tiga kali lipat. Jam Rolex Savant akan terbiasa dengan Microstella nuts, yang masih dapat ditemukan di sini, menawarkan pengaturan presisi tinggi dan stabilitas yang sangat baik. Terhubung pada roda adalah balance staff eksklusif yang baru dirancang dan juga meningkatkan resistansi oscillator terhadap gaya magnet.

Proprietary High-Performance Lubricants

Movement Rolex

Pahlawan tanpa tanda jasa (dan biasanya tidak terlihat) dari suatu movement, pelumas melakukan tugas penting untuk mengurangi gesekan antara bagian yang bergerak, sehingga meminimalkan keausan. Tidak mengagetkan bahwa Rolex mengembangkan dan menyintesis pelumasnya sendiri, dan itu satu-satunya pabrikan independen yang melakukannya. Untuk generasi movement terbaru, ia telah menciptakan pelumas kinerja tinggi baru dengan durasi manfaat yang jauh lebih lama dan stabilitas yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Diterbitkan di Rolex Articles
Joshua Yap

Though he wasn’t inducted into the world of watch journalism by choice, Joshua was hooked by mechanical horological wonders in no time. Although he personally favours modestly sized, no-nonsense timepieces, he sometimes misses the outrageous mind-bogglers of the pre-Credit Crunch years. As he dreams of owning a modern haute horlogerie watch one day, he’s currently content scouring the Internet for vintage value buys.

Selanjutnya di kategori ini: Ulasan Rolex GMT-Master II Terbaru