Cara Membeli Jam Tangan Rolex Pertama Anda

Ditulis oleh

Kami akan membantu Anda membuat salah satu keputusan paling penting dalam hidup Anda.

Pertama kami ingin mengucapkan selamat! Tentunya Anda telah mencapai keberhasilan dalam hidup. Atau mungkin Anda masih berada dalam jalur karir dan ingin memulai perjalanan ditemani sebuah timepiece yang melambangkan aspirasi Anda. Apa pun situasinya, Anda akan mencerminkan kesuksesan dengan sebuah jam tangan Rolex melingkar di pergelangan tangan Anda.

Tips cara membeli jam tangan rolex

Bagi beberapa orang yang tidak memiliki dana cadangan, mendapatkan sebuah jam tangan Rolex untuk pertama kalinya tidak semudah membeli setelan jas baru. Beberapa dari Anda bahkan mungkin masih berpikir apakah Rolex adalah pilihan timepiece yang tepat sebagai pembelian berarti pertama Anda yang cukup menguras isi tabungan. Bila Anda merasa butuh diyakinkan, bacalah artikel ini. Atau jika Anda belum siap membeli Rolex pertama Anda, ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ingat ketika waktunya tiba.

Lokasi Pembelian

Hal ini nampaknya sangat sepele namun kami akan tetap mengingatkan Anda. Ketika Anda membeli sebuah timepiece baru, lakukan transaksi Anda melalui retailer Rolex resmi. Anda mungkin akan tergoda untuk pergi ke butik tanpa lisensi dengan harapan Anda bisa mendapatkan potongan harga. Jangan lakukan hal tersebut. Harga dari sebuah Rolex terkontrol secara signifikan oleh pusatnya, dan tidak ada butik yang dapat menawarkan harga lebih rendah untuk Anda. Apabila Anda berhasil menemukan toko yang menjual jam tangan Rolex dengan harga potongan, Anda akan menghabiskan sisa hidup Anda mempertanyakan apakah Anda mendapatkan sebuah barang palsu.

Selain itu, peritel resmi Rolex adalah satu-satunya tempat yang memiliki perlengkapan dan pengetahuan yang cukup untuk membantu merawat timepiece Anda dengan baik dan benar. Ketika Anda menaruh sejumlah besar uang Anda dan menginvestasikannya dalam bentuk sebuah arloji, tentunya Anda ingin menjaga agar jam tersebut selalu dalam kondisi perawatan prima. Sebuah butik Rolex indonesia resmi dapat membantu Anda melakukan itu semua.

BUDGET

Masalah anggaran adalah keputusan yang harus Anda buat sendiri. Apakah Anda mau merogoh kantong hingga 100 jutaan rupiah? Atau, apakah Anda rela menginvestasikan beberapa puluh juta rupiah lebih untuk mendapatkan arloji yang sekaligus akan menjadi harta pusaka keluarga? Kedua hal tersebut tentunya dapat Anda lakukan. Untuk mendapatkan sebuah model entry-level yang polos, Anda akan mengeluarkan uang sebanyak kira-kira 80 jutaan rupiah. Ketahuilah bahwa sebuah arloji Rolex yang paling sederhana pun memiliki in-house movement buatan tangan yang dibuat oleh para ahli yang bekerja di ruang produksi pabrik jam terlengkap dan termaju di kota Swis. Pabrik tersebut beroperasi dengan level presisi yang siap membuat Anda terjungkal dari kursi Anda.  Sedikit tambahan, mereka juga mempunyai pabrik khusus pengecoran untuk memproduksi seluruh emas yang dibutuhkan di jam tangan Anda. Ini sungguhan.

STYLE

Suatu hal yang menarik dari Rolex adalah seluruh model keluaran mereka memiliki estetika yang bersih, stylish, dan tidak tampak jauh berbeda satu dengan yang lain. Mereka memiliki tampilannya sendiri. Arloji versi sports mereka juga terlihat elegan dan klasik, dan sama menariknya apabila dikenakan oleh seorang nahkoda ataupun seorang pekerja kantor. Namun jika Anda berpikir bahwa hal ini mengurangi opsi pilihan yang ada, Anda salah. Setiap jam tersebut memiliki detail berupa dial, links, material, batu permata, dan movement yang berbeda.


Submariner bisa dibilang adalah arloji Rolex yang paling populer untuk pria. Jadi, jika Anda mencari sesuatu yang pasti, Submariner adalah pilihan yang paling aman. Namun hal ini juga berarti Anda akan memiliki jam yang sama dengan hampir seluruh pengguna Rolex lainnya di perkantoran Anda. Apabila Anda tidak mempermasalahkan hal tersebut, Submariner adalah pilihan pertama yang baik, dengan harga yang cukup tinggi. Untuk sesuatu yang tidak terlalu sporty dan lebih ramah bagi kantong Anda, Oyster Perpetual standar (gambar di bawah), Datejust atau Air-King adalah pilihan terbaik. Seluruh arloji tersebut tersedia dengan material steel yang tentunya memiliki harga lebih rendah dibandingkan dengan versi emas mereka.

Bagi para wanita, jangan terlalu memusingkan batu permata. Sebuah bezel yang dipenuhi berlian kurang fungsional untuk pemakaian sehari-hari dan tentunya akan melonjakkan harga jam Anda. Bila Anda menginginkan dial yang berdesain anggun,  Lady-Datejust adalah sebuah pilihan awal klasik yang baik. Untuk opsi yang lebih netral, Datejust reguler untuk pria dapat menjadi pilihan Anda.

 

Waktu Penggunaan

Sebuah poin penting sebagai bahan pertimbangan adalah kapan Anda akan mengenakan Rolex tersebut. Apakah menginginkan sebuah jam cantik dan formal untuk menemani Anda menghadiri pesta pernikahan dan wawancara kerja? Atau sebuah arloji kokoh yang dapat Anda bawa bepergian, menyelam, dan mendaki gunung? Sebuah helium escape valve dan case kedap air hingga 3.900 meter tentunya sangat bagus, namun hal ini tidak diperlukan apabila Anda tidak melakukan penyelaman laut dalam. Apakah Anda sering bepergian dengan pesawat? GMT-Master II (gambar di bawah) dilengkapi oleh dua tampilan time zone yang berbeda. Bila Anda menginginkan arloji sehari-hari yang dapat diandalkan, Explorer adalah pilihan yang baik. Pertimbangkanlah fungsi apa saja yang Anda butuhkan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan penggunaan yang terbaik dari timepiece Anda.

 

Diterbitkan di Rolex Articles
Melissa Kong

Online Editor

Like most people these days, Melissa tells the time with her phone. She considers serious timepieces works of art and thinks the perpetual calendar is the handiest complication to date (pun not intended). She's also a Grammar Nazi but promises not to judge if you can't tell the difference between "guilloche" and "guillotine".