Rolex Submariner Bagi Pemula: 5 Hal Untuk Diketahui

Ditulis oleh

Rolex Submariner mungkin adalah timepiece yang paling didambakan oleh para penggemar jam tangan, baik pemula hingga veteran. Pertanyaannya adalah; Mengapa?

Bagi para penggemar jam tangan yang sudah lama bermain di areanya, proses berburu arloji Submariner memiliki sensasi ketegangan tersendiri. Hal ini juga dipicu karena langkanya arloji Submariner. Salah satu contoh yaitu Ref. 6536 yang diproduksi tahun 1955 sebanyak seratus buah saja dan Ref. 6538 dengan crown besar dan depth rating merahnya. Ref. 6538 dipakai untuk pertama kalinya oleh aktor Sean Connery dalam film Dr. No. Berbagai Submariner langka bagaikan permata terbesar di mahkota seorang raja, dan pengikut setia Rolex pasti akan terus mengamati timepiece spesial tersebut.

Di luar penjualan pada rumah lelang, Submariner adalah pilihan yang cukup bersahabat bagi orang yang pertama kali membeli jam mewah. Dengan harga yang berkisar di angka 100 jutaan rupiah untuk sebuah model entry-level, timepiece tersebut menawarkan kemewahan horologi yang bergengsi dan harga yang mungkin akan membuat saldo tabungan Anda sedikit memar tanpa meninggalkan terlalu banyak luka.

Masihkah Anda bertanya-tanya apakah Submariner akan menjadi pembelian besar pertama Anda? Larutkan diri Anda dalam sedikit nostalgia dan beberapa fakta tentang Submariner berikut, dan lihat apakah jam tersebut masih terus memanggil Anda.

Berakar Dari Waterproof
Meskipun Submariner baru dirilis di tahun 1953, sejarah arloji tersebut dimulai sejak tahun 1926. Pada tahun tersebut, Rolex merilis koleksi arloji kedap air Oyster (gambar di bawah) untuk pertama kalinya. Jam tangan ini menjadi terkenal setelah dikenakan oleh Mercedes Gleitze saat ia berenang menyebrangi Selat Inggris di tahun 1927. Koleksi Oyster tentunya memiliki daya pikatnya sendiri dan berkembang menjadi banyak tipe model, termasuk arloji Submariner. Pada rilis pertamanya, arloji Submariner dinobatkan sebagai arloji pertama di dunia yang dapat dipakai untuk penyelaman laut dalam. Penggemar Submariner sejati manapun tentunya harus tahu arloji yang menjadi akar dari Submariner dan sumber DNA agung yang terkandung dalam timepiece tersebut hingga saat ini.



Kredensial Penyelaman
Sepanjang tahun 1930-an, Rolex bertindak sebagai pihak luar yang menyuplai movement dalam case Oyster bagi Panerai. Pada tahun tersebut, Panerai adalah pemasok arloji selam bagi angkatan laut militer Italia. Ketika tiba saatnya bagi Submariner untuk menerima sorotan, arloji tersebut telah mencapai bentuk sempurna. Original Submariner (gambar di bawah) berdiameter 37mm, dilengkapi dengan bi-directional rotating bezel, dan kedap air hingga 100 meter.



Berevolusi Perlahan-lahan
Submariner adalah suatu arloji yang berubah secara konstan. Versi awal jam tersebut tidak memiliki ‘Mercedes’ hour hand yang kini merupakan fitur desain penting. Mereka juga tidak memiliki tulisan ‘Submariner’ terukir pada permukaan dial. Dengan berlalunya beberapa tahun, koleksi tersebut mengalami berbagai perbaikan fitur yang bermanfaat. Berbagai perkembangan yang dilalui adalah peningkatan kekedapan air hingga kedalaman 300 meter, penambahan display tanggal sejak tahun 1969, unidirectional bezel di tahun 1981, dan bezel keramik di tahun 2012.

Koneksi ‘Bond’
Selain performa arloji yang mengesankan dan dapat dipercaya, ada satu alasan lain mengapa Submariner sangat populer di pasar jam tangan. Hal ini disebabkan oleh munculnya arloji Submariner pada film-film generasi awal James Bond yang dibintangi oleh Sean Connery. Kali terakhir James Bond mengenakan arloji Rolex di layar lebar adalah tahun 1989 dalam film "Licence to Kill" dengan sebuah Submariner.

Untuk Memulai
Berdasarkan pemeriksaan kami, Submariner paling basic yang dapat Anda miliki adalah Ref 114060 (gambar di bawah) dengan bezel dan dial Cerachrom hitam, tanpa display tanggal. Harga arloji tersebut kira-kira 100 jutaan rupiah. (Harap periksa dengan dealer Rolex resmi dekat Anda untuk harga yang lebih akurat) Anda akan mendapatkan sebuah jam tangan selam ikonis yang terbuat dari high-grade stainless steel, dan dilengkapi Superlative Chronometer-certified in-house automatic movement, yang menawarkan power reserve 48 jam dan akurat hingga +2/-2 detik per hari. Meskipun dibandingkan dengan jam tangan premium keluaran Rolex lainnya, dengan harga yang lebih mahal sekalipun, Submariner pada intinya memang sebuah timepiece yang amat spesial.

Diterbitkan di Rolex Articles
Di tag dibawah submariner
Alvin Wong

Editor-in-Chief

Alvin promises not to be a douche when talking about watches. He may have scoured the Basel and Geneva watch fairs for the past 15 years, and played an instrumental role to the growth of Singapore's pioneering horological and men's lifestyle publications, but the intrepid scribe seeks to learn something new with each story he writes.  

www.crownwatchblog.com