Terjual! Rolex Unicorn, Rolex Kedua Termahal di Pelelangan

Ditulis oleh

Setelah Rolex Paul Newman Daytona, tentunya.

Persis seperti makhluk mistis yang menjadi namanya, ‘The Unicorn’ memanglah sama-sama sulit dipahami. Satu-satunya Rolex Daytona emas putih vintage yang belum lama ini meraih angka 5,9 juta CHF (Swiss Franc) di Geneva Watch Auction: SEVEN, yang digelar medio Mei lalu.

Jam tangan ini diciptakan Rolex pada tahun 1970 sesuai permintaan dari pedagang penting di Jerman, serta cendekiawan horologi yang percaya bahwa itu akan menjadi satu-satunya di dunia. Rumah pelelangan Phillips menyebutnya: “Chronograph yang menakjubkan, dan rasanya akan menjadi Cosmograph Daytona yang paling langka dan paling mewah yang dibuat Rolex sepanjang era ini.”

Kolektor John Goldberger menawar jam tangan tersebut saat pelelangan untuk didonasikan kepada Children Action, yaitu yayasan sosial Swiss yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak kurang beruntung di seluruh dunia.

Pendiri Children Action, Bernard Sabrier mengatakan, “Saya sangat senang dengan kontribusi luar biasa ini untuk tujuan kami dalam meningkatkan secara langsung kehidupan ribuan anak di seluruh dunia. Saya bersyukur terutama pada ketulusan dan kebaikan John Goldberger, kolektor yang benar-benar bisa memahami nilai dari ‘The Unicorn’ dan misi kami, serta kepada Phillips untuk usahanya dalam membuat donasi ini terjadi, salah satu dari kontribusi pribadi terbesar dalam sejarah yayasan kami.”

Pria yang menjadi fasilitator dari penjualan ini tidak lain adalah pelelang terkenal Aurel Bacs. Saat ditanya pendapatnya tentang penjualan ini, Bacs menjawab, “Hasil penjualan Daytona Ultimatum yang memecah rekor merefleksikan keinginan komunitas para kolektor terhadap barang berkualitas tinggi dan pentingnya Rolex Daytona di ranah jam tangan para kolektor. Tapi merupakan sebuah kehormatan besar bahwa penawaran ‘The Unicorn’ atas nama John Goldberger meraih salah satu kontribusi amal terbesar di industri kami. Setelah Joanne Woodward / Paul Newman Daytona yang kami jual musim lalu, jam ini meraih harga tertinggi kedua untuk sebuah jam tangan Rolex. Saya sangat senang dengan hasil bersejarah sekaligus aksi filantropi ini, dan gembira bahwa keuntungan dari penjualan jam ini akan membantu pemenuhan kebutuhan bagi banyak anak.”

Diterbitkan di Rolex Articles
Melissa Kong

Online Editor

Like most people these days, Melissa tells the time with her phone. She considers serious timepieces works of art and thinks the perpetual calendar is the handiest complication to date (pun not intended). She's also a Grammar Nazi but promises not to judge if you can't tell the difference between "guilloche" and "guillotine".