Skip to main content

11 Jam Tangan Ini Terbuat Dari Sampah Plastik Daur Ulang

Plastik biasanya bukan bahan yang diasosiasikan dengan para pembuat jam tangan. Namun, jika digunakan untuk tujuan yang baik, plastik tiba-tiba bisa terlihat jauh lebih menarik dan bermakna. Ini adalah salah satu tren terbaru yang paling menarik dan tak terduga dalam dunia jam tangan: mengambil sampah plastik yang mencemari lautan dan mendaur ulangnya untuk digunakan pada jam tangan. Bahkan merek-merek mewah dari Swiss pun ikut serta dalam kegiatan ini.

The Horse Ocean Plastics

Dengan estetika field watch dan mesin jam kuarsa, peritel asal Australia ini menawarkan pengalaman plastik laut sepenuhnya dengan case dan tali yang terbuat dari bahan daur ulang. Ini juga mungkin cara paling mudah untuk mendapatkan jam tangan plastik laut di pergelangan tangan Anda. Dengan harga estimasi di bawah Rp 1.500.000 dan tersedia dalam berbagai warna, jam tangan ini dapat dengan mudah menjadi jam tangan musim panas yang menyenangkan.

Armitron Wave

Koleksi Armitron Wave hadir dalam empat warna dengan desain yang sangat menarik. Wave adalah chronograph dengan semangat Zenith El Primero A384. Tetapi, detail favorit dari jam tangan ini terdapat pada posisi di mana pembuat jam tradisional menempatkan teks "Swiss Made", sementara Armitron Wave menempatkan tulisan "ocean plastic" yang diintegrasikan dengan penuh cita rasa.

Timex Reclaim Ocean

Plastik sangat menarik karena memiliki hampir semua sifat atau warna. Timex adalah merek yang bisa diandalkan dalam melakukan hal ini, dan jam tangan Reclaim Ocean mereka tersedia dalam berbagai ukuran (37, 40, dan 42 mm) dan warna dengan case plastik daur ulang yang menunjukkan pola bintik-bintik yang keren.

Skagen Grenen Save The Waves

Dikenal dengan desain Skandinavia minimalis dan harga terjangkau, semua itu hadir dalam jam tangan Grenen ini dengan bonus bahwa plastik laut dan bahan daur ulang lainnya digunakan untuk membuat tidak hanya case saja, tetapi juga tali pengikat dan kemasannya. Jam tangan ini juga dapat diisi daya dengan tenaga surya. Model edisi terbatas ini menyumbangkannya sebagian keuntungan mereka ke badan amal pelestarian laut.

Triwa Times for Ocean

Koleksi Time for Oceans dari Triwa mencakup gaya field watch, selam dan chronograph yang menggunakan case dan tali yang sepenuhnya terbuat dari plastik laut yang didaur ulang, menawarkan beragam pilihan, semuanya dengan ukuran sedang, yaitu 37 mm atau 40 mm untuk model selam dan model chronograph. Warna-warna cerah, pola ombak yang keren untuk dial dan ketahanan air hingga 100 meter memberikan kesan kasual dan pantai yang sempurna.

Nixon Light-Wave

Jam tangan dan tali jam tangan Nixon yang sepenuhnya terbuat dari plastik laut ini menawarkan desain yang cukup sederhana dan keren, dengan empat variasi yang tersedia dalam case yang kuat dengan ketahanan terhadap air hingga 100m. Mesin jam kuarsa yang dapat diisi ulang dengan tenaga surya akan membuat baterainya bertahan lebih lama  dan memberi Anda kenyamanan tanpa rasa khawatir.

Luminox #tide ECO

Luminox mengkhususkan diri pada jam tangan tangguh dan dapat digunakan di alam bebas. Dengan tampilan militer yang gagah, ukuran case yang besar, bezel selam yang dapat diputar, dan dial jam yang diterangi tritium, jam tangan benar-benar bisa menemani Anda di segala kondisi. Bagian case dan talinya terbuat dari bahan plastik yang didaur ulang dari lautan. Pola bergelombang pada dial jam berfungsi untuk melengkapi konsep dan semakin mengingatkan Anda akan sifat alami jam tangan ini.

Shinola Sea Creatures

Jam tangan Sea Creatures dari Shinola sangat menarik perhatian, dengan beberapa varian yang cukup cerah. Ukurannya cukup besar, yaitu 40mm dan, tentu saja, sepenuhnya terbuat dari plastik laut, mulai dari case hingga talinya. Jam tangan ini tersedia dalam tiga warna untuk case dan dial-nya, tetapi menawarkan variasi lebih lanjut berkat beberapa pilihan tali jam tangan yang cukup mencolok dan unik.

Tom Ford 004 Ocean Plastic Watch

Tom Ford lebih dikenal dengan setelan jas yang mahal, tetapi mereka juga memiliki beberapa koleksi jam tangan yang harganya terjangkau. Langkah untuk memproduksinya dalam plastik laut daur ulang bersama dengan tali kepang khas mereka yang juga terbuat dari bahan daur ulang sangat menarik perhatian. Bahkan kemasannya pun terbuat dari plastik laut.

Seastrong Diver Gyre Automatic

Di sini kita berbicara tentang jam tangan selam tangguh dengan movement otomatis di dalamnya. Tali jam tangan ini terbuat dari botol plastik daur ulang dan bahan plastik lautan pada bagian case dikumpulkan dari gyres, pusaran makro di lautan dan membentuk pulau-pulau sampah yang mengerikan.

Ulysse Nardin Diver Ocean Race

Di dalamnya terdapat movement jam otomatis buatan Ulysse Nardin yang sangat dihormati. Di luar, Anda akan mendapatkan case yang terbuat dari 40% "Carbonium" dan 60% jaring ikan plastik daur ulang. Sangat mengejutkan melihat merek kelas atas seperti Ulysse Nardin menggunakan plastik, apalagi untuk bagian case, tetapi ini adalah bagian dari kemitraan dan upaya berkelanjutan untuk mengatasi dan meningkatkan kesadaran akan pelestarian laut.