Skip to main content

4 Jam Tangan untuk Anda yang Peduli Lingkungan

Tidak hanya menghiasi pergelangan tangan, 4 jam tangan ini juga menjaga lingkungan.

Saat ini, usia Bumi sudah lebih dari 4,54 miliar tahun dan tentunya dengan usia yang sudah cukup tua, bumi mengalami beberapa perubahan pada ekosistemnya. Untuk tetap menjaga Bumi dan seisi ekosistemnya untuk bisa terus berjalan dengan baik, sudah banyak program yang dilakukan oleh pemerintah dari setiap negara, organisasi sosial dan bahkan brand-brand ternama.

Dalam dunia jam tangan, beberapa brand juga telah mulai ikut dalam menjaga alam Bumi ini. Jadi bagi Anda yang ingin menambah koleksi jam tangan sekaligus turut bantu dalam menjaga alam, simak beberapa jam tangan berikut.

BLANCPAIN Fifty Fathoms Ocean Commitment III

Melalui sebuah program bernama Ocean Commitment, Blancpain menjadi brand yang mendukung konservasi laut, di mana mereka bekerja sama dengan penjelajah, ilmuwan dan pemerhati lingkungan untuk mensponsori ekspedisi laut, penelitian, dan dokumentasi.

Blancpain juga merupakan pelopor jam tangan selam, yang memperkenalkan jam tangan selam modern pertama di dunia dengan Fifty Fathoms pada tahun 1953. Tentu saja, mereka memanfaatkan warisan ini untuk memproduksi jam tangan edisi khusus untuk mendukung program Ocean Commitment.

Ada tiga model jam tangan edisi terbatas Ocean Commitment sejak 201 dengan masing-masing model dibatasi hanya 250 buah. Dengan setiap penjualan jam tangan Fifty Fathoms Ocean Commitment, Blancpain akan mendonasikan € 1.000 untuk mendanai program pelestarian laut.

Model di atas adalah Fifty Fathoms Ocean Commitment III dari 2018 berbahan steel, yang terinspirasi oleh model Tribute to Mil-Spec dari tahun sebelumnya, yang dilengkapi dengan bezel safir yang berputar dan hadir dengan cadangan daya selama 4 hari.

LUMINOX Bear Grylls Survival ECO 3703

Setelah meminta petualang terkenal dan pembawa acara TV Bear Grylls sebagai duta tahun lalu, Luminox telah merilis banyak jam tangan berstempel Grylls yang mengiklankan semangat untuk menyatu dengan alam.

Meskipun demikian, Bear Grylls Survival ECO 3703 yang baru ini membuat pernyataan yang paling berpengaruh tentang lingkungan sejauh ini. Menampilkan case, bezel, dan strap yang dibuat 100 persen dari sampah plastik daur ulang. Dengan strap warna biru yang tajam, case dan bezel, yang tampak tembus cahaya dan coklat, mengekspresikan tampilan usang untuk memberikan pesan tentang konservasi laut dengan baik.

Sampah plastik dikumpulkan oleh para nelayan Thailand yang didaftarkan, dicuci, dan diolah menjadi bahan butiran yang bisa diinjeksikan menjadi cetakan atau dipintal menjadi benang. Dengan harga Rp 8.300.000, Bear Grylls Survival ECO 3703 dibatasi hingga 1.500 keping, dengan sebagian dari hasil disumbangkan ke Project Aware, sebuah organisasi yang memperjuangkan lingkungan bawah laut.

ULYSSE NARDIN Diver Net

Bisa dilihat dari namanya, jam tangan Driver Net Ulysse Nardin ini merupakan jam tangan yang menggunakan bahan dari jaring-jaring nelayan yang sudah tidak dipakai. Untuk projek ini, Ulysse Nardin bekerja sama dengan FIL & FAB, sebuah perusahaan yang mendaur ulang jaring ikan. Mereka mengambil jaring ikan yang sudah tidak terpakai di pelabuhan dan mengolahnya menjadi pelet poliamida sehingga bisa digunakan ulang untuk produk komersial.

Jam tangan Diver Net ini digerakkan oleh movement otomatis Ulysse Nardin dengan teknologi silikon dan Diamonsil. Bahan jaring ikan digunakan pada dekorasi case, dial, belakang dan bezel, serta pada strap PET (Polyethylene terephthalate) yang terbuat dari botol plastik daur ulang.

AWAKE Awake 0.1

Dengan harga sekitar Rp 3.900.000, Awake 0.1 yang dibuat oleh startup Prancis ini adalah opsi dengan harga paling terjangkau di daftar ini dan, diyakini, paling ramah lingkungan.

Jam tangan ini terdiri dari case yang terbuat dari bahan ringan yang disebut RE: FN-S, daur ulang jaring ikan, strap biopolimer yang terbuat dari tanaman tropis, serta mesin jam kuarsa bertenaga surya. Untuk melengkapi eco-package, jam tangan ini dikirimkan dalam kotak biodegradable yang terbuat dari serat tebu.

 


Ditulis oleh

End of content

No more pages to load