Cartier Santos-Dumont Si Simpel nan Elegan

Ditulis oleh

Statement keren dari Cartier untuk Santos yang accessible.

“Simplicity. Practicality. Innovation.” Merupakan prinsip utama dari Alberto Santos-Dumont, seorang penerbang yang pertama kali memesan jam tangan dari Louis Cartier pada tahun 1904. Hadir dengan desain dial persegi, sekrup yang terlihat jelas, strap ergonomis, dan posisi yang memudahkan sang pilot untuk bisa melihat waktu pada saat menerbangkan pesawat. 

 

Jam tangan legendaris ini kembali hadir dengan desain yang simpel namun elegan. Menggunakan alligator leather strap, model baru Santos-Dumont ini tetap menjunjung tinggi unsur elegan dari model terdahulu mereka yang dibuat pada tahun 1904. Sebuah jam tangan yang tidak hanya memiliki nilai estetika saja, namun memikul sejarah yang bisa Anda ceritakan ke setiap orang.

Koleksi ini memiliki beberapa pilihan case. Gold, gold-steel, dan steel yang hadir dengan bentuk persegi, indeks romawi, dan crown unik dengan cabochon berwarna biru yang merupakan elemen penting yang diwariskan oleh model jam klasik.

Bentuk case persegi yang tidak berubah ini mengingatkan kepada geometri yang populer di Paris pada masanya. Sebuah desain simetris yang mencerminkan empat sudut tajam dari Menara Eiffel. Dengan melambangkan revolusi desain pada awal tahun 90-an, jam tangan ini berani melawan arus kontemporer. Model awal mereka juga melakukan yang sama, membuat garis lurus pada sebuah jam tangan ketika jam saku dengan bentuk bundar sedang menjadi primadona.

Desain dari jam tangan ini merupakan cerminan kontemporer dari gaya khas Alberto Santos-Dumont: Menggunakan pakaian formal dalam segala aktivitas. Rompi, baju dengan kerah, dan flat cap terbalik. Sebuah gaya klasik, mencerminkan seorang pria yang memiliki sebuah karakter kuat.

Gagasan “praktis” yang merupakan bagian dari sejarah jam tangan Santos-Dumont juga hadir dalam model baru ini. Cartier menghadirkan kepraktisan tersebut dengan menggunakan quartz movement yang memiliki tingkat efisiensi tinggi. Baterai pada movement ini diklaim bisa bertahan sampai dengan 6 tahun, dua kali lipat dari quartz movement biasa.

Untuk mendapatkan fitur ini, para teknisi Cartier mengerjakan ulang movement-nya untuk mengurangi penggunaan energi serta menambahkan performa dari baterai yang dipakai. Jam tangan dengan desain klasik namun hadir dengan movement yang memiliki teknologi canggih.

Cartier Santos-Dumont ini bukanlah jam tangan biasa. Ini merupakan jam tangan dari pria yang selalu memiliki pandangan ke atas, membuat desain untuk 22 pesawat terbang, mempertaruhkan nyawanya pada setiap tes penerbangan. Seorang pria yang mendonasikan sebagian dari kekayaannya untuk amal dan membuat pakaian praktis dan elegan, Alberto Santos-Dumont”.

Diterbitkan di Ulasan Brand
Di tag dibawah cartier santos dumont
Contributor

Contributing Writer

Our secret contributor is an industry insider who has worked with well-known luxury watch marques, as well as written for numerous horological publications. He asks to remains anonymous, however, so as not to ruffle feathers with his sometimes opinionated posts.