Skip to main content

Eccentricity Réserve de Marche Jam Tangan Tradisional yang Muncul di era Modern

Sepenuhnya dibuat dengan tangan, jam ini tentunya memiliki daya pikatnya sendiri.

Dalam horologi, orang-orang melihat teknik manufaktur modern kurang menarik karena mereka menghilangkan banyak sentuhan individu pembuat jam dari karya yang mereka buat. Salah satu pembuat jam tangan dari Prancis, Cyril Brivet-Naudot, secara berani mengambil tantangan untuk membuat jam tangan hanya dengan menggunakan teknik tradisional dan secara khusus menghindari peralatan yang digerakkan oleh CNC.

Hasilnya sangat mengesankan, dan kreasi terbarunya, Eccentricity Réserve de Marche, adalah sebuah mahakarya buatan tangan yang luar biasa.

Eccentricity Réserve de Marche adalah jam tangan kedua Brivet-Naudot setelah karya debutnya di tahun 2018. Jam ini dibuat dengan menambahkan kompleksitas mekanisme cadangan daya yang mengambil ruang di bagian depan dan belakang jam tangan. Estetika lainnya sebagian besar sama dengan model pertama mereka.

Eksentrisitas Réserve de Marche menampilkan jam dan menit dengan cara yang tidak biasa: Cincin berputar pada bagian luar untuk menit dan dial semi-jump-hour. Dial jam diamankan di dekat bagian bawah cincin menit dan juga dapat dipasang di posisi manapun, karena sesuai dengan etos Brivet-Naudot yang memungkinkan Anda untuk menentukan karakteristik jam tangan, termasuk tata letaknya.

Indikasi cadangan daya diposisikan di bagian bawah dial, yang berfungsi sebagai tuas dan mengisi sepertiga dial di bawah balanced wheel. Cadangan daya 40 jam ini ditunjukkan dengan satu, dua, atau tiga titik, yang mewakili kenaikan setiap 13 jam.

Ruang di bagian atas yang berisi roda gigi untuk mekanisme cadangan daya, membentang dari laras spring utama ke cam berbentuk kerucut dari indikasi cadangan daya yang terlihat di bagian belakang mesin jam. Di sinilah kita juga melihat bukti sifat fabrikasi yang sangat tradisional karena satu roda disematkan pada poros persegi, teknik yang biasanya hanya terlihat pada jam tangan dan gerakan jam sebelum abad kesembilan belas.

Estetika bridges pada jam tangan ini jelas terinspirasi dari sejarah dengan desain dasar yang lebih mudah dibuat dengan menggunakan metode tradisional. Desain dial jam tangan ini terlihat berusia berabad-abad dan sangat clean.

Dikombinasikan dengan fakta bahwa semuanya dirakit dengan tangan dan dan finishing-nya sangat bersih dan sederhana, jam tangan Eksentrisitas Réserve de Marche memiliki daya tarik bagi mereka yang menghargai sejarah horologi.

Escapement pada jam tangan ini sedikit lebih modern,  jenis escapement dengan impuls langsung yang tidak berdenyut dengan gesekan yang minim. Escapement ini menggunakan pegas emas panjang di lengan palet untuk membuka kunci palet pada setiap ayunan wheel.

Dikombinasikan dengan fakta bahwa semuanya dirakit dengan tangan dan dan finishing-nya sangat bersih dan sederhana, jam tangan Eksentrisitas Réserve de Marche memiliki daya tarik bagi mereka yang menghargai sejarah horologi.

 


Ditulis oleh