Skip to main content

Jaeger-LeCoultre Calibre 101 si Kecil yang Tangguh

Movement mungil di balik jewelry watch Jaeger-LeCoultre terbaru.

Hadir dengan hampir seribu potong berlian yang disajikan di atas anyaman emas yang rumit, dua jewelry watch terbaru dari Jaeger Lecoultre ini memang diperuntukan bagi Anda yang sangat mengagumkan kemewahan. Kedua jewelry watch yang bernama 101 Snow drop dan 1010 Bangle ini dilengkapi dengan movement mungil, Calibre 101.

Diperkenalkan pada tahun 1929, Calibre 101 ini berukuran hanya 14mm x 4.8mm x 3.4mm atau lebih kecil dari nano sim card. Movement ini telah memegang rekor untuk mesin jam mekanis terkecil di dunia sejak diluncurkan.

Disinyalir bahwa hanya segelintir pembuat jam di Jaeger-LeCoultre yang memiliki keterampilan untuk membuat dan merakit Calibre 101, di mana hampir setiap komponen harus dibuat khusus.

Dengan begitu, jumlah produksinya sangat terbatas. Rata-rata, hanya ada sekitar 50 Calibre 101 yang dapat dibuat dalam setahun. Karena ukurannya yang sangat kecil, movement ini paling sering dijumpai pada jam tangan wanita dan juga jewelry watch seperti model Snowdrop dan Bangle ini.

Pada model Snowdrop, terdapat 904 berlian berbentuk buah pir dan berlian dengan total 20,9 karat yang menempel indah di bracelet pink gold yang tipis.

Jam tangan ini menggunakan teknik ‘griffe’ dan grain-setting. Teknik yang pertama, meminimalkan penggunaan logam sehingga cahaya dapat melewati berlian dan menghasilkan kilauan yang sangat indah, sedangkan teknik kedua menampilkan manik-manik emas kecil dan mendorong berlian untuk tetap bertahan di tempatnya.

Berlian diatur agar terlihat seperti kelopak yang memancar dari dial jam, menampilkan tampilan bunga berbentuk lonceng dari Vallee de Joux yang mekar melalui lapisan salju, seperti di tempat Jaeger-LeCoultre berada.

Model Bangle hadir dengan desain yang lebih flamboyan yang juga memiliki teknik ‘griffe’ dan grain-setting dalam penempatan berliannya. Jam tangan pink gold ini dilengkapi dengan 996 berlian dengan total 19,7 karat. Bedanya, model Bangle ini lebih menonjolkan desain ala art deco.

Di dalam jam tangan terdapat mesin Calibre 101 iterasi keempat, Kaliber 101/4, yang terdiri dari 98 bagian dan berat hanya satu gram. Walaupun kecil, movement ini berdetak pada 21.600 getaran per jam dan menawarkan 33 jam cadangan daya untuk menyaingi gerakan mekanis yang jauh lebih besar.


Ditulis oleh