Ulasan Longines HydroConquest

Ditulis oleh

Keanggunan dalam bawah air.

Kalau saja kami tidak mendalami lebih lagi, koleksi Longines HydroConquest akan tampak seperti sebuah anomali dalam lini produk Longines yang didominasi oleh dress watch mewah. Tidak seperti saudara-saudaranya yang bergaya retro atau yang terinspirasi dari koleksi Master and Record, jam tangan HydroConquest memancarkan daya tarik dengan lebih maskulin. Namun demikian, jam tangan selam ini tetap mengekspresikan tagline Longines 'Elegance is an attitude' dengan penuh percaya diri.

Peluncuran terbaru ini terdiri dari chronograph otomatis dengan column wheel yang memancarkan kejantanan berdasarkan complication-nya, serta model three-hand (tiga jarum penunjuk) yang menjadi fokus ulasan ini. Setelah mencoba semua referensi pada showcase eksklusif Longines awal tahun ini, favorit kami adalah model three-hand dengan versi tanggal dalam case 41mm (dua referensi lainnya adalah three-hand dengan tanggal dalam case 43mm, dan chronograph dalam case 41mm).

Model HydroConquest terbaru memamerkan bezel keramik berwarna biru, abu-abu atau hitam dengan dial sunray yang serasi. Selain fungsionalitas yang disempurnakan - keramik dikenal tahan gores dan tahan terhadap keausan - bahan ini menawarkan kemilau cantik yang membawa sentuhan kontemporer. Berlaku terutama untuk model three-hand, yang lebih dressy dibandingkan dengan chronograph.

Meskipun tidak langsung terlihat, model three-hand sangat kokoh. Digerakkan oleh movement otomatis berbasis ETA dengan power reserve 64 jam, mereka menawarkan fitur dive-ready yang serupa dengan chronograph, termasuk water resistance hingga 300m, screw-down crown dengan pelindung, dan folding clasp yang dapat diperpanjang.

Kami lebih menyukai penawaran model 41mm-nya, yang menyuguhkan estetika smart-casual dari kelompok three-hand dengan pas, meskipun jelas versi 43mm akan cocok untuk mereka yang memiliki pergelangan tangan lebih besar. Karena itu, model 41mm memang terasa berat dan besar di pergelangan tangan.

Meskipun konfigurasi three-hand terbilang 'sederhana', jam tangan ini tidak kekurangan daya pikat atletis. Sebaliknya, dial keren yang menawarkan keterbacaan berkontras tinggi, case 'berotot', finishing matte dan satin pada bracelet membangkitkan rasa kemewahan sportif yang tidak akan pudar dibandingkan dengan jam tangan selam ikonis lainnya yang akan Anda temukan di pasaran sekarang ini.

 

Case

41mm atau 43mm dalam stainless steel dengan ceramic insert bezel

Dial

Sunray black, blue atau grey

Movement

Automatic Calibre L888.2

Bracelet

Stainless steel

Fungsi

Jam, menit, detik, tanggal

Harga

Mulai dari Rp25.700.000

Alvin Wong

Editor-in-Chief

Alvin promises not to be a douche when talking about watches. He may have scoured the Basel and Geneva watch fairs for the past 15 years, and played an instrumental role to the growth of Singapore's pioneering horological and men's lifestyle publications, but the intrepid scribe seeks to learn something new with each story he writes.  

www.crownwatchblog.com