Review & Harga Brand Panerai

HISTORI BRAND

Meski bermarkas di Swiss, Officine Panerai sebenarnya berasal dari kota Florence, dimana Giovanni Panerai memulai segalanya di tahun 1860 dalam sebuah toko jam tangan yang sekaligus merupakan sekolah pembuatan jam tangan pertama di kota tersebut. Pada tahun 1916, Panerai mematenkan kreasi mereka yaitu Radiomir, sebuah bubuk berbahan dasar Radium yang berpijar, yang mereka masukkan ke dalam jam tangan mereka. Hal ini sangatlah berguna karena Panerai juga membekali angkatan laut Italia dengan instrumen penunjuk waktu. Pada 1949 Panerai mematenkan sebuah penggunaan zat Luminor untuk menggantikan Radiomir. Kemudian pada 1950, sebuah koleksi jam tangan baru kemudian dinamakan Luminor, berciri khas crown protector yang sangat ikonis hingga saat ini, sebuah cushion case dan bezel yang lebih datar.

Panerai juga memperkenalkan dan memopulerkan sebuah konsep sandwich dial, dimana permukaan dasar jam tangan diaplikasikan dengan zat berpijar, kemudian dibalut dengan lapisan atas yang dilubangi berbentuk angka-angka dan penunjuk informasi, sehingga pancaran cahaya dari lapisan di bawahnya dapat terlihat di permukaan.

Pada tahun 1997, Vendôme Group (sekarang dikenal dengan nama Richemont Group) membeli merek tersebut dan terjun ke pasar internasional pembuat jam tangan mewah lewat Luminor dan Luminor Marina. Delapan tahun kemudian, Panerai memperkenalkan in-house movement pertamanya, jam tangan otomatis P.2002, yang dilengkapi fungsi GMT dan power reserve yang bertahan hingga delapan hari. Kini, Panerai memiliki workshop milik sendiri yang terletak di Neuchâtel, bersama dengan para pemain utama industri jam tangan lainnya. Hal itu menjadi sebuah bukti seberapa jauh perjalanan yang telah ditempuh sejak didirikan oleh Giovanni Panerai.

JAM TANGAN UTAMA

Radiomir
Dinamai berdasarkan zat Radium yang dibuat oleh Panerai untuk angkatan laut Italia. Radiomir pertama diciptakan pada tahun 1936. Jam tangan tersebut memiliki karakteristik lewat sebuah cushion-shaped steel case besar yang membingkai index dan angka-angka yang bercahaya dalam gelap, serta dilengkapi wire lugs dan sebuah self-winding movement.
Radiomir 1940
Sama seperti Radiomir, koleksi Radiomir 1940 ini memiliki bentuk case yang sama dengan Radiomir, namun dengan lugs yang terbuat dari bahan logam yang sama dengan case. Sudut-sudut case arloji tipe ini berlekuk lebih tegas dan dilengkapi dengan crown yang tidak lagi berbentuk kerucut melainkan silindris.
Luminor
Pada 1950 Panerai mengembangkan jam tangan Luminor yang menggunakan zat berpijar tipe baru. Koleksi jam tangan ini memiliki ciri khas berupa crown-protecting bridge, wire lugs yang diperbaharui dan terbuat dari bahan logam yang sama dengan cushion-shaped case mereka, dan bezel yang lebih datar dan lebar.

BUTIK

THE TIME PLACE
JAKARTA: Pacific Place Lt. G Unit 12A-B
Plaza Indonesia Lt. 1 #165-168
Plaza Senayan Lt. 1 #125
SURABAYA: Plaza Tunjungan 4 Lt. UG #14-16

INTime
BALI: Mal Bali Galeria Lt. 1 Unit #1B-47