Rolex Submariner Vs Explorer

Ditulis oleh

Jam mana yang perlu Anda beli? Sebuah Rolex Submariner atau Explorer? Inilah panduan kami untuk membekali Anda dalam membuat keputusan.

Hal ini bisa dibilang adalah pertanyaan yang pasti muncul di pikiran setiap orang yang sedang mempertimbangkan timepiece Rolex pertamanya. Bagaimana kami bisa tahu? Karena kami pernah memikirkan hal yang sama.

Selain menjadi pilihan pertama yang baik untuk kali pertama Anda, Submariner dan Explorer memiliki banyak kesamaan. Selagi kami membuat penjelasan spesifikasi dari kedua model, kami terus memastikan bahwa kami tidak mencampurkan keduanya dalam kebingungan. Namun jangan salah, keduanya adalah kreasi yang sangat unik. Artikel ini adalah sebuah ulasan pendek mengenai keduanya.

FUNGSIONALITAS
Rolex Submariner 904L Steel
Submariner (gambar di atas) adalah sebuah arloji penyelaman yang diperuntukkan bagi kedalaman lautan. Maka dari itu, arloji tersebut memiliki kekedapan air 300 meter dan screw-down crown dengan Triplock triple waterproofness system. Jam tangan tersebut juga memiliki fitur uni-directional rotating bezel supaya Anda bisa menghitung waktu selam Anda dengan akurat. Sebuah sistem Glidelock extension Rolex (gambar di bawah) memungkinkan Anda untuk menyetel tali jam tangan Anda dengan kenaikan setiap 2mm (20mm total) untuk kenyamanan pemakaian di atas baju selam.

Rolex Glidelock System 

Get the latest Rolex reviews and comparisons straight to your inbox

Di saat Submariner dibuat untuk menjelajahi kedalaman samudra, Explorer (gambar di bawah) dibuat untuk menapaki puncak-puncak gunung. Hal ini dimulai oleh Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay yang menaklukkan puncak Gunung Everest dengan Oyster Perpetual timepiece mereka.Rolex Explorer 904L Steel

Karena tidak digunakan untuk penyelaman, Explorer hanya memiliki kekedapan air 100 meter. Hal ini berarti Anda masih bisa menggunakan arloji tersebut untuk berenang dan melakukan apapun di keseharian Anda. Namun menyelam dan mencari reruntuhan Titanic dengan arloji Explorer tentunya bukan sesuatu yang kami rekomendasikan.

MOVEMENT
Setelah menyortir aspek-aspek dasar kedua tipe, saatnya melihat keduanya lebih dalam. Submariner menggunakan Calibre 3130 yang cukup menyerupai Calibre 3135 namun tidak memiliki fungsi kalender. Model Explorer yang lama juga beroperasi dengan Calibre 3130, namun versi barunya menggunakan Calibre 3132. Movement tersebut dilengkapi dengan peredam getaran Paraflex dengan performa tinggi. Submariner dan Explorer adalah certified Superlative Chronometer dengan power reserve 48 jam. Mereka juga memiliki fitur paramagnetic blue Parachrom hairspring keluaran Rolex.

Dari sisi estetika, tipe standar keduanya terlihat mirip dengan case berbahan stainless steel, bracelet dan dial hitam. Namun Submariner memiliki aura yang lebih sporty berkat uni-directional rotating bezel dan ukuran case-nya yang agak lebih besar (40mm dibandingkan dengan 39mm Explorer). Di sisi lain, Explorer memiliki tampilan yang serba guna dengan baton index dan fixed stainless steel bezel. Anda dapat membawanya mendaki gunung, atau menghadiri pesta besar yang formal.

HARGA
Tentunya bagi sebagian besar dari kita, harga adalah faktor yang paling berpengaruh, bukan? Untuk sebuah model tipe sport, Submariner hampir selalu lebih mahal dibandingkan Explorer. Dengan harga di atas 100 juta rupiah untuk model yang paling dasar, arloji tersebut mungkin sedikit berada di luar jangkauan pekerja kantoran biasa. Namun Submariner tetap merupakan model arloji Rolex yang paling populer. Stok jam tangan tersebut selalu habis secepat kilat.

Di sisi lain, harga Explorer di angka hampir 100 juta rupiah tentunya lebih terjangkau untuk sebuah entry-level piece. Submariner dan Explorer memiliki kualitas yang setara dalam hal movement. Namun dalam hal nilai dan fungsionalitas, Explorer tentunya lebih unggul. Selain itu, arloji Explorer tentunya tidak akan tenggelam dalam lautan berisi banyak sekali pengguna Submariner di luar sana.

Bila ini adalah Rolex pertama Anda, kami merekomendasikan Explorer. Namun jika Anda ingin mengekspansi koleksi Anda, Submariner adalah sebuah timepiece ikonis yang perlu Anda dapatkan.  

Get the latest Rolex reviews and comparisons straight to your inbox

Melissa Kong

Online Editor

Like most people these days, Melissa tells the time with her phone. She considers serious timepieces works of art and thinks the perpetual calendar is the handiest complication to date (pun not intended). She's also a Grammar Nazi but promises not to judge if you can't tell the difference between "guilloche" and "guillotine".