Swatch Sistem51 Irony: Ulasan dan Harga Indonesia

Ditulis oleh

Ini saatnya Anda menyingkirkan Daniel Wellington!

ANDA INGIN PUNYA JAM TANGAN MEKANIK? Tetapi tidak mau makan mie instan selama sebulan ke depan? Ini jawabannya: Swatch Sistem51. Diluncurkan dua tahun lalu, koleksi ini membuat konsumen histeris. Kenapa bisa begitu? Dengan harga 2 jutaan rupiah, ini adalah salah satu jam tangan mekanik buatan Swiss paling terjangkau yang pernah ada.

Sistem51 Irony Soul, Sistem51 Irony Fly, Sistem51 Irony Boreal

FAKTANYA SEBAGIAN ORANG TAK PEDULI DENGAN HAL INI. Tapi Anda tak perlu mengikuti mereka. Jam tangan tersebut mempunyai nilai horologis spesial yang bisa didapat dengan nominal 2 jutaan rupiah. Sebuah jam otomatis yang sangat inovatif. Movement-nya hanya terdiri dari 51 bagian namun menawarkan durasi power reserve hingga 90 jam. Hal ini jauh melampaui jam tangan otomatis yang umumnya tersedia saat ini.

TAHUN INI, SISTEMNYA MENGALAMI PENINGKATAN. Model original seri ini sangat berwarna dan berbalut plastik. Hal itu mengagumkan tapi mungkin agak terlalu kasual jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih fancy dengan daya pikat lebih besar. Oleh karena itu hadirlah Sistem51 Irony yang terdiri dari 7 model baru yang sebagian besarnya tampak lebih eksklusif. Case jam-jam itu berbahan stainless steel—itulah sebabnya dinamakan iron-y—dan beberapa di antaranya memiliki strap kulit sementara lainnya berupa bracelet.

Sistem51 Irony Boreal

JADI MANA YANG HARUS ANDA PILIH? Yang paling terlihat mewah adalah Sistem Tux warna bi-metallic. Untuk yang menginginkan model yang cocok dipakai ke kantor tersedia pilihan Sistem Boreal, Sistem Earth, Sistem Fly, dan Sistem Soul. Dari segi estetika, model yang paling mirip dengan model Sistem51 paling pertama adalah Sistem Arrow, jam bergaya pilot dengan strap bahan karet.

DAN HARGANYA? Jam-jam tersebut berharga sedikit lebih mahal, yakni mendekati 3 juta rupiah untuk yang menggunakan strap kulit dan 3 jutaan rupiah untuk yang model steel bracelet. Ada juga jam tangan khusus perempuan bernama Sistem Stalac berhias batu-batu kristal pada bagian bezel yang ditawarkan seharga 4 juta rupiah. Kami pikir semua harganya sesuai dengan kualitas yang disajikan.

Sistem51 Irony Stalac

Case: Stainless steel
Dial: Sun-brushed and painted
Movement: Automatic winding
Strap/ bracelet: Strap kulit atau stainless steel bracelet
Fungsi: Jam, menit, detik, tanggal
Power reserve: 90 jam
Harga: Mulai dari 3 juta rupiah*

*Harga estimasi

Alvin Wong

Editor-in-Chief

Alvin promises not to be a douche when talking about watches. He may have scoured the Basel and Geneva watch fairs for the past 15 years, and played an instrumental role to the growth of Singapore's pioneering horological and men's lifestyle publications, but the intrepid scribe seeks to learn something new with each story he writes.  

www.crownwatchblog.com