Monaco Merah Meriah

Ditulis oleh

Dosis kedua sihir TAG Heuer Monaco.

Perayaan ulang tahun ke-50 TAG Heuer Monaco kian bergemuruh dengan kemunculan model kedua dari lima commemorative edition, kali ini kita diajak kembali ke era 1980-an, dekade kedua dari keberadaan koleksi tersebut. Dan ya, bagi mereka yang belum tahu, TAG Heuer akan jor-joran dengan edisi ulang tahun Monaco ke-50, meluncurkan satu model untuk mewakili setiap dekade sejak kali pertama koleksi tersebut lahir.

Pada bulan Mei 2019, brand tersebut memperkenalkan commemorative edition pertama yang menampilkan dial hijau dengan Côtes de Genève finish, diluncurkan pada saat Grand Prix Monaco lalu (foto di bawah).

Monaco 1969 – 1979 Limited Edition, diluncurkan Mei 2019

Untuk edisi terbatas Monaco 1979–1989, peluncurannya dilakukan di lokasi historis yang tak kalah gaungnya: kota Le Mans di Perancis, tempat yang dijadikan set film balap eponim terkenal yang dibintangi oleh Steve McQueen. Dan dalam film Le Mans pula terdapat momen layar perak yang tak ternilai saat McQueen mengenakan jam Monaco, yang akhirnya menjadi statement kehadiran jam tangan sebagai ikon horologis dan kultural.

Monaco 1979 – 1989 Limited Edition (kiri), dan Monaco orisinal tahun 1969

Seperti halnya dengan edisi terbatas 1969 hingga 1979, Monaco 1979–1989 membawa ciri-ciri desain khas yang menjadikan Monaco sebuah ikon yang tak terhapuskan. Case persegi yang khas; perpaduan index horisontal dan vertikal; bi-compax chronograph counter persegi dan jendela tanggal kecil pada pukul enam. Uniknya Monaco menempatkan crown di sisi kiri, dan chronograph pusher di sisi kanan. Semua elemen desain dari model aslinya tidak ada satu pun yang tertinggal.

Demikian pula, mesin Monaco 1979–1989 adalah salah satu yang penting secara historis. Jam ini ditenagai oleh Calibre 11, sebuah pembaruan dari movement chrronograph otomatis yang dipakai dalam Monaco 1969 yang asli. Semua edisi commemorative 50th anniversary Monaco akan terdapat logo ‘Monaco Heuer’ dan tulisan masing-masing dekade, serta nomor produksi. Setiap seri ini diproduksi terbatas sebanyak 169 buah, salah satu edisi terbatas TAG Heuer dengan produksi terkecil dalam beberapa waktu terakhir.

Berbeda dengan edisi terbatas pertama yang memamerkan semangat dekoratif, Monaco 1979–1989 membawa kesan straightforward dengan ekspresi dinamis yang diinspirasi oleh balapan. Dial-nya dilapisi oleh warna merah mencolok dengan sunray finish, tampak kontras dengan counter chronograph berlapis rhodium. Bagian dalam strap calfskin hitam berlubang bergaya ‘racing’ yang juga menjadi ciri khas Monaco, juga kebagian warna yang sama dengan dial. Seperti yang ditunjukkan oleh dekade penghormatan, jam ini adalah sebuah tampilan yang begitu lantang dan menawan.

Baca juga ulasan tentang TAG Heuer Monaco di sini.

 

Case

39mm stainless steel

Dial

Red dial dengan sunray finishing, fine brushed rhodium-plated counters, polished, faceted indexes

Movement

Automatic Calibre 11

Strap

Black calfskin leather strap dengan stainless steel folding clasp

Fungsi

Chronograph dengan detik dan menit; tanggal, jam, menit dan detik kecil pada jam 3

Power Reserve

40 jam

Harga

Belum diumumkan

Limited edition

169 buah

Di tag dibawah monaco
Alvin Wong

Editor-in-Chief

Alvin promises not to be a douche when talking about watches. He may have scoured the Basel and Geneva watch fairs for the past 15 years, and played an instrumental role to the growth of Singapore's pioneering horological and men's lifestyle publications, but the intrepid scribe seeks to learn something new with each story he writes.  

www.crownwatchblog.com
Selanjutnya di kategori ini: Ulasan TAG Heuer Carbon