Skip to main content

Tudor Pelagos FXD Hadir Lebih Kecil dan Minimalis

Kolaborasi antara Tudor dan Marine Nationale yang luar biasa.

Tudor menghadirkan Pelagos model terbaru yang berkolaborasi dengan Marine Nationale (Angkatan Laut Perancis). Merek tersebut telah menjadi pemasok resmi untuk Marine Nationale dari tahun 1950-an hingga 1980-an, dan kini telah merilis versi jam tangan ini ke publik.

Dikembangkan untuk serangkaian spesifikasi unik yang dibuat bekerja sama dengan unit spesialis Angkatan Laut Prancis, model Pelagos FXD dirancang untuk navigasi bawah air dan dioptimalkan untuk penggunaan profesional.

FXD berasal dari kata dasar FiXeD, yang menggambarkan lug fix pada model terbaru ini. Pembaruan ini adalah salah satu perubahan besar dari model Pelagos sebelumnya. Lug fix ini dikerjakan bersama dengan case titanium. Hal ini tentu saja menghasilkan kekuatan attachment lug yang jauh lebih baik dibandingkan dengan lug bar yang dapat dilepas atau lug yang disolder.

Pelagos FXD tidak disertifikasi untuk menyelam, meskipun memiliki ketahanan air 200m. Bezel-nya dua arah, dengan 120 klik. Jam tangan ini lebih dioptimalkan untuk fungsi navigasi bawah air yang dilakukan oleh Marine Nationale, di mana aksinya biasanya dimulai pada kedalaman 7 hingga 8 meter.

Perbedaan mencolok lainnya adalah bezel track menit yang baru. Ini sangat tidak biasa dibandingkan dengan versi sebelumnya, tidak hanya trek satu menit penuh, ini juga merupakan penghitung waktu mundur, yang berubah dari 60 ke 0. Alur berlawanan arah jarum jam pada bezel model ini memudahkan pengaturan dan pemantauan setiap hitungan mundur Anda.

Dengan ketebalan hanya 12,75 mm, Pelagos FXD baru 1,55 mm lebih tipis dari model Pelagos sebelumnya yang berukuran 14,3 mm. Hal ini mengorbankan helium escape valve dan ketahanan air sampai 500 m yang hadir  pada model Pelagos sebelumnya. Namun, case yang lebih tipis ini menghasilkan produk yang lebih baik dan lebih nyaman bagi para pengguna.

Satu hal penting lagi yang hilang pada model terbaru ini adalah display date-nya. Beberapa orang menyukai tanggal tersebut, namun banyak juga yang tidak menggunakannya lagi. Lebih dari sekedar perubahan desain atau fungsionalitas, iterasi ini juga mengingatkan kita pada no. ref 9401/0 yang hadir tanpa tanggal dari tahun 1970-an.

Jam tangan ini menggunakan movement automatic Tudor MT5602 bersertifikat COSC. Ini adalah movement pekerja keras yang telah membuktikan kehandalannya di banyak jam tangan Tudor lainnya. Tudor Pelagos FXD bukan sekadar kolaborasi perubahan warna dial yang sering kita lihat di pasar, jam tangan ini hadir dengan perubahan yang mencolok sehingga memberikan opsi yang beragam pada koleksi Pelagos.


Ditulis oleh

End of content

No more pages to load