Ulasan Omega Speedmaster 321 Moonwatch Stainless Steel

Ditulis oleh

Speedmaster 321 yang sudah dinanti-nantikan.

Tentu saja tidak semua Omega Speedmaster Moonwatches diciptakan sama. Jam tangan Speedmaster 321 Moonwatch Stainless Steel yang baru ini dipompa dengan fitur ekstra, dan siap untuk meluncur ke tempat tertinggi serta menjadi jam tangan yang wajib digaet tahun 2020.

Speedmaster 321 Moonwatch Stainless Steel adalah sebuah bentuk penghargaan untuk Speedmaster ST 105.003 generasi ketiga yang dikenakan oleh astronot Edward White. (White adalah orang Amerika pertama yang berjalan di luar angkasa dalam misi Gemini 4 pada tahun 1965, dan ia mengenakan Speedmaster tersebut ketika ia melakukan itu.)

Edisi rilis-ulang tahun 2020 ini akan diterima dengan baik oleh penggemar Omega atas dedikasinya untuk menghidupkan kembali sifat-sifat terbaik dari model aslinya. Membawa kemiripan dengan Speedmaster ST 105.003, Speedmaster 321 Moonwatch Stainless Steel hadir dalam case baja 39.7mm dengan bezel keramik hitam dan tanda tachymeter enamel putih. Sejauh ini terlihat sangat klasik. Tetapi detail itulah yang membedakan – tanda 'titik di angka 90' pada skala yang membedakan Speedmasters awal, dan logo serta tipografi Omega kuno memberi pesona pada jam ini.

Namun bagi kami, hal yang paling menggoda dari jam ini adalah movement Calibre 321 handwound modernnya, yang telah direkayasa ulang dengan susah payah untuk menampilkan spesifikasi yang sama persis dari movement legendaris dengan nama yang sama. Bagi mereka yang belum familiar, Calibre 321 orisinal adalah movement kronograf pertama yang digunakan di Speedmaster pada tahun 1957. Movement ini menenagai Speedmaster ST 105.003 yang dipakai White, serta Speedmaster ST 105.012, jam pertama yang dikenakan di bulan. Jam-jam Speedmaster vintage yang memakai movement tersebut sangat diburu oleh para penggemar.

Caliber 321 'baru' ini diperkenalkan pada Januari 2019 dan memulai debut Speedmaster-nya beberapa bulan kemudian pada model Speedmaster Moonwatch 321 Platinum, untuk merayakan 50 tahun pendaratan di bulan. Secara price point, label harga untuk model platinum mungkin terbukti terlalu mahal untuk sebagian orang, dan kemunculan versi stainless steel ini jelas akan memangkas harga. Selain itu, Speedmaster 321 Moonwatch Stainless Steel ini juga bukan bagian dari edisi terbatas, yang semakin mendemokratisasikan daya pikatnya, namun Anda harus siap mengantre dengan cepat tentunya.

 

Case

39.7mm stainless steel dengan bezel keramik

Dial

Bezel zirconium oxide hitam

Movement

Handwound Omega caliber 321

Bracelet

Stainless steel

Fungsi

Jam, menit, detik, kronograf

Power Reserve

55 jam

Harga

Rp223.000.000 (estimasi)

Diterbitkan di Ulasan Brand
Di tag dibawah Omega speedmaster moonwatch
Alvin Wong

Editor-in-Chief

Alvin promises not to be a douche when talking about watches. He may have scoured the Basel and Geneva watch fairs for the past 15 years, and played an instrumental role to the growth of Singapore's pioneering horological and men's lifestyle publications, but the intrepid scribe seeks to learn something new with each story he writes.  

www.crownwatchblog.com