Ulasan Omega Speedmaster Moonwatch 321 Platinum

Ditulis oleh

Omega membangkitkan kembali si ikonis Calibre 321 dalam Speedmaster platinum.

Ini adalah kisah nyata: beberapa waktu yang lalu, ayah saya mengatakan dia berpikir ingin membeli arloji "untuk investasi" dan bertanya apakah saya tahu berapa harga Omega Calibre 321. Dia tentu saja merujuk ke salah satu Speedmasters yang menggunakan Calibre 321 asli sebelum stop produksi pada tahun 1968.

Sekarang siapa pun yang mengenal sejarah jam tangan Omega mereka akan tahu Calibre 321 adalah movement impian untuk para kolektor dan hampir mustahil untuk mendapatkan yang baru. Ini adalah movement yang begitu terkenal, bahkan ayah saya seorang pemula soal jam tangan juga mengetahuinya. Tapi hal itu juga karena ayah saya hidup di masa Calibre 321 dipasangkan pada Speedmaster ST 105.012, ketika menjadi jam tangan pertama yang mendarat di bulan 50 tahun lalu, tepatnya pada 21 Juli 1969.

Saat ini, setelah dua tahun melakukan penelitian dan rekonstruksi secara rahasia (nama kode untuk proyek ini adalah 'Alaska 11'), Omega telah menghidupkan kembali calibre yang menjadi landmark mereka dan menciptakannya kembali dengan spesifikasi asli. Satu hal yang perlu dicatat, bahwa calibre asli dibuat dalam tembaga, tetapi Calibre 321 yang baru menggunakan Sedna PVD berlapis emas untuk semua bagian 'tembaga'.

Movement tersohor yang dibuat ulang ini dipasangkan pada Speedmaster Moonwatch 321 Platinum yang baru. Case 42mm-nya sebenarnya terbuat dari paduan platinum yang menggunakan emas juga. Terinspirasi oleh “Speedys” generasi keempat, Speedmaster Moonwatch 321 Platinum juga menampilkan case asimetris dengan lugs yang diputar.

Tetapi sebenarnya bagian dial-nya yang membuat kian menarik. Dial utamanya terbuat dari material onyx hitam, sedangkan tiga sub-dial chronograph-nya dibuat dengan irisan meteorit bulan, yang berarti Anda tidak hanya mengenakan calibre yang pernah dibawa ke bulan, tetapi benar-benar ada potongan-potongan bulan sesungguhnya pada pergelangan tanganmu.

Anda memang mungkin akan menemukan beberapa jam tangan di pasaran yang mempunyai dial dan aksen meteorit, tapi mempunyai satu jam yang terlibat langsung dalam misi ke bulan tentu sangat menarik. Dan jika Anda lupa arti penting jam tangan yang Anda kenakan, cukup balikkan dan Anda akan melihat ukiran ‘The first watch worn on the moon’.

Dalam segala hal, Speedmaster Moonwatch 321 Platinum telah ditunggu oleh penggemar “Speedy.” Kaya akan sejarah dan makna, jam ini sengaja dikecilkan dalam banyak hal, agar Calibre 321 benar-benar mencuat. Dibanderol nyaris Rp 1 miliar, memang tergolong mahal. Tapi jam ini adalah sepotong sejarah yang luar biasa untuk dihidupkan kembali dengan cara yang pas, kami tidak yakin kami bahkan bisa memberi harga pada jam itu.

 

Case

42mm platinum dan gold alloy

Dial

Black onyx dengan meteorite chronograph sub-dials

Movement

Manufacture Calibre 321

Strap

Kulit warna hitam dengan platinum buckle

Fungsi

Central hours, minutes, seconds, chronograph

Power Reserve

45 hours

Harga

Rp 948.750.000 (estimasi)

 

Diterbitkan di Ulasan Brand
Di tag dibawah speedmaster editors' picks
Melissa Kong

Online Editor

Like most people these days, Melissa tells the time with her phone. She considers serious timepieces works of art and thinks the perpetual calendar is the handiest complication to date (pun not intended). She's also a Grammar Nazi but promises not to judge if you can't tell the difference between "guilloche" and "guillotine".

Selanjutnya di kategori ini: Menggabungkan Seni dan Horologi