Ulasan Rolex Oyster Perpetual Yachtmaster

Ditulis oleh

Bigger and undeniably better.

Saat banyak pakar menganggap bahwa tahun ini adalah tahun konsolidasi bagi Rolex, Oyster Perpetual Yacht-Master 42 Ref. 226659 dengan mudah muncul sebagai perbincangan utama, dan untuk alasan yang baik. Sementara sisa novelties 2019 dari Rolex lainnya menawarkan penyempurnaan desain dan pembaruan pada bagian teknis dari koleksi yang sudah ada, jam tangan bawah laut andalan Rolex ini membawa lebih banyak kejutan daripada saudara-saudaranya.

Dengan ukuran 42mm, ini adalah salah satu faktor yang membuat Ref. 226659 mudah dicintai. Hal tersebut mungkin bukan sesuatu yang berarti bagi sebagian besar orang yang sudah terbiasa menggunakan case berukuran 45mm ke atas, namun itu adalah jawaban dari doa para loyalis brand ini, yang menganggap ukuran standar jam untuk pria itu 40mm. Ini juga menjadikannya salah satu model ‘jam dan tanggal’ yang berukuran lebih besar dalam line-up Rolex saat ini. Selain itu, untuk pertama kalinya dalam koleksi Yachtmaster, case-nya dibuat dengan emas putih 18K, yang membawa kesan mewah yang hanya bisa dihasilkan oleh logam mulia sambil tetap menjaga nuansa low-key bagi mereka yang tidak terlalu suka tampil terlalu mentereng.

Dari segi desain, Yacht-Master 42 meminjam banyak aspek dari model lain yang begitu disukai, Ref. 116655 tahun 2015 dalam emas Everose. Yang paling penting, model ini mempertahankan bezel insert Cerachrom yang hampir tidak bisa dihancurkan dalam warna hitam pekat dengan indeks dan angka yang dipoles, marker dan jarum penunjuk yang lebih visible dalam dial hitam, dan bracelet Oysterflex. Bracelet Oysterflex pada dasarnya adalah tali elastomer dengan flexible titanium dan bilah nickel alloy pada bagian intinya, mengawinkan ketangguhan dan daya tahan metal bracelet dengan kenyamanan dan tampilan sporty dari rubber strap.

Yacht-Master 42 juga kebagian manfaat dari kemutakhiran movement terbaru buatan Rolex. Di balik case kedap air hingga 100 meter, dipasangkan self-winding Calibre 3235 dengan 14 patent, escapement Chronergy yang hemat energi, power reserve 70 jam, dan tahan akan guncangan dan medan magnet. Jika Yacht-Master adalah pembawa bendera luxury tool watch Rolex, tentu saja hal itu telah berlangsung lama, seperti Ref. 226659 bisa dibilang merupakan ungkapan paling berani dan paling murni hingga saat ini.

 

Case

42mm white gold Oyster case

Dial

Hitam dengan Chromalight display

Movement

Manufacture Rolex Calibre 3235

Bracelet

Oysterflex

Fungsi

Jarum jam, menit, dan detik, instantaneous date dengan pengaturan cepat, stop-seconds untuk keakurasian pengaturan waktu

Power Reserve

70 jam

Harga

Rp 429.985.000

Diterbitkan di Ulasan Brand
Di tag dibawah rolex yachtmaster sports watch
Joshua Yap

Though he wasn’t inducted into the world of watch journalism by choice, Joshua was hooked by mechanical horological wonders in no time. Although he personally favours modestly sized, no-nonsense timepieces, he sometimes misses the outrageous mind-bogglers of the pre-Credit Crunch years. As he dreams of owning a modern haute horlogerie watch one day, he’s currently content scouring the Internet for vintage value buys.