Interview: Christian Selmoni, Direktur Style and Heritage Vacheron Constantin

Ditulis oleh

“Terdapat banyak cerita menarik dan ribuan produk yang bisa kita bicarakan”

Telah bekerja selama 28 tahun di Vacheron Constantin, Christian Selmoni tentu adalah orang yang tepat untuk dijadikan sebagai penasihat label ini dalam hal desain dan pengembangan produk utamanya. Di tahun 2001, Selmoni didaulat sebagai Direktur Produk, ia bertanggung jawab dalam hal desain dan pengembangan produk khusus untuk hari jadi label ini yang ke-250 tahun.


Sembilan tahun kemudian, ia menjadi Direktur Artistik, dan pada tahun lalu diangkat sebagai Direktur Style and Heritage. Sembari mengembangkan nilai dan kekayaan historis Vacheron Constatin dengan mempelajari arsip untuk koleksi berikutnya, Selmoni juga berperan sebagai perwakilan untuk media internasional dan klien. Melalui kesempatan ini, ia memaparkan kepada kami tentang peranannya dan aspek paling mengagumkan yang dimiliki oleh Vacheron Constatin.

 

Sebagai seorang Direktur Style and Heritage, apa pengaruh yang Anda miliki dalam setiap kreasi jam tangan?

Bagi saya, saya adalah bagian dari strategic committee untuk produk, maka saya lebih banyak berperan di proses awal. Bagian lain dari pekerjaan saya adalah untuk menginvestigasi nilai historis guna menemukan model, dials dan hands, elemen-elemen kecil dari kreasi jam tangan sebelumnya, untuk dikembangkan pada kreasi terbaru.

 

Sama halnya dengan koleksi terbaru seri FIFTYSIX?

Tepat sekali. Tugas kami adalah untuk membuat sebuah proposal yang utamanya bertemakan “oke, kami dapat mengambil referensi 6073 dari tahun 1956 dan membuatnya menjadi inspirasi untuk koleksi terbaru”. Saya juga aktif di bidang lain seperti pengembangan sistem movement, serta mencari ciri khas sistem movement pada Vacheron Constantin dari koleksi terdahulu dan menginjeksikannya pada model berikutnya.

Vacheron Constantin FiftySix Complete Calendar

 

Bagaimana sistem kerja dari strategic committee ketika hendak mempresentasikan koleksi terbaru?

Tim desain kami begitu terorganisir selayaknya sebuah studio, dan tim ini dipimpin oleh CEO kami, Mr Louis Ferla. Kami adalah sekelompok kecil orang yang bekerja bersama para desainer, menghadirkan ide-ide baru, konsep, dan kami mengembangkan sesuatu secara bersama-sama. It’s very simple, really. 

Bagaimana Anda bisa mempelajari setiap arsip mengingat Vacheron Constatin memiliki banyak catatan bersejarah?

Kami memiliki tim ahli sejarah–sekelompok orang yang ahli di bidang ini, dan kami melakukan survei dan penelitian. Hasilnya, kami dapat menemukan banyak hal. 

Adakah referensi atau cerita yang berkesan secara personal bagi Anda?

Kami memiliki banyak cerita. Contohnya, cerita mengenai Raja Farouk dari Mesir yang datang mengunjungi pabrik ketika dia masih berusia 17 tahun dan kemudian menjadi penggemar terbesar akan sebuah jam tangan yang rumit. Dia adalah seorang yang amat antusias dan sampai memesan salah satu kreasi jam tangan paling rumit yang pernah dibuat oleh Vacheron Constantin–berhasil diselesaikan pada tahun 1935 dan memiliki lebih dari 800 komponen pada sistem movement. Cerita seperti ini sungguhlah mengagumkan karena melibatkan publik dan passion.

Apa aspek paling menarik dari nilai historis yang dimiliki oleh Vacheron Constantin?

Nilai historis tersebut adalah bagian paling penting dan mengagumkan. Saya rasa bahwa terdapat cerita-cerita mengagumkan dan ribuan produk yang bisa kita tinjau kembali, ini hanyalah masalah waktu. Ini merupakan sebuah pekerjaan yang besar namun kami memiliki bahan yang cukup untuk beberapa dekade, bila bukan berabad-abad, untuk menunjukannya. Nilai historis kami amatlah kaya dan saya rasa sangat penting bagi kami untuk berfokus dan menunjukannya guna mempertahankan nama besar kami di industri jam tangan.