Sederet Jam Tangan Vintage Termahal di Dunia (Sejauh Ini)

Ditulis oleh

Seluruhnya baru saja terjual di rumah pelelangan yang sama.

Tak perlu mencari bukti lebih jauh bahwa Phillips, bekerja sama dengan Bacs & Russo, adalah rumah pelelangan dengan sentuhan layaknya dewa Midas di dunia horology.

Rumah lelang ini baru saja menyelesaikan Geneva Watch Auction: SIX yang menjadi saksi bagi sederet jam tangan yang terketuk palu senilai total melebihi 24 juta dolar AS, dengan beberapa rekor dunia yang pecah di sepanjang acara.

Patek Philippe Ref.2499 perpetual calendar chronograph in pink gold (US$2.724.421)

“Secara garis besar, kami menghitung bahwa terdapat seribu pelelang terdaftar menunjukkan ketertarikannya untuk jam tangan vintage yang berkualitas tinggi,” ujar konsultan senior Aurel Bacs yang bertugas mempersuasi beberapa figur saat sesi pelelangan sedang intens.

Patek Philippe Ref. 2497 perpetual calendar in white gold (US$2.302.357)

Patek Philippe mendominasi kali ini, dengan harga pemecah rekor dunia untuk tiga referensi mereka – Ref. 2499 perpetual calendar chronograph dalam pink gold (US$2.724.421); Ref. 2497 perpetual calendar dalam emas putih (US$2.302.357); dan Ref. 5020 perpetual chronograph dalam platinum (US$494.617).

Patek Philippe Ref. 5020 perpetual chronograph in platinum (US$494.617)

Tanpa membayang-bayangi Rolex ‘Paul Newman’ Daytona yang memecahkan rekor, yang terjual lebih dari 17 juta dolar AS pada satu bulan sebelumnya di New York, di pelelangan Phillips lainnya, Geneva Watch Auction melihat Rolex Daytona vintage yang dicari-cari lainnya meraih standar baru. Ref.16528 ‘Big Blue’ dengan chronograph emas kuning dan dial berwarna biru mencapai angka US$554.875, menjadikannya Rolex Daytona automatic termahal yang pernah terjual di pelelangan.

Rolex Ref. 16528 ‘Big Blue’ yellow gold chronograph (US$554.875)

Omega Prototype Tourbillon (US$1.434.642)

Bintang dari ajang ini, bagaimanapun juga, adalah Prototype Tourbillon oleh Omega dari tahun 1947. Jam dengan case komplikasi baja super langka ini terjual pada harga US$1.434.642 setelah sesi lelang 20 menit, membuatnya menjadi jam Omega termahal yang pernah terjual di pelelangan.

Mampu menggali jam tangan langka serta pionir tourbillon dari sebuah brand yang tidak sering menampilkan repertoar kompleks, menambah reputasi Phillips menjadi rumah lelang yang dituju untuk menemukan harta karun jam vintage.

Diterbitkan di Vintage Watches
Di tag dibawah patek philippe rolex omega
Alvin Wong

Editor-in-Chief

Alvin promises not to be a douche when talking about watches. He may have scoured the Basel and Geneva watch fairs for the past 15 years, and played an instrumental role to the growth of Singapore's pioneering horological and men's lifestyle publications, but the intrepid scribe seeks to learn something new with each story he writes.  

www.crownwatchblog.com