Omega Speedmaster Vs Seamaster

Ditulis oleh

Ulasan perbandingan spesifikasi dan harga untuk menentukan seri yang cocok untuk Anda.

Tidak terbantahkan lagi bila seri Speedmaster dan Seamaster merupakan dua kreasi paling populer dan banyak digemari dari Omega baik karena nilai sejarah yang menyertainya maupun desainnya yang bergaya sporty. Bila Anda tengah mempertimbangkan untuk mulai mengoleksi kreasi lansiran Omega, maka keduanya adalah pilihan yang tepat untuk melakukan pembelian perdana. Kedua seri ini sendiri telah mengalami perubahan dan perkembangan yang mengagumkan sejak pertama kali dirlis, dan agar lebih bijak dalam membandingkan keduanya, kami akan mengulas versi terbaru dari masing-masing seri dari tahun 2016 yakni Speedmaster CK2998 dan Seamaster Aqua Terra ‘Good Planet’.

SPEEDMASTER
Awalnya dikembangkan sebagai bagian dari seri Seamaster, Speedmaster mulai dikenal luas saat mendapat julukan ‘Moonwatch’ karena dikenakan oleh astronot Buzz Aldrin berjalan di Bulan–Neil Armstrong meninggalkan jam tangan miliknya di dalam board Lunar Module sebagai cadangan untuk electronic timer yang rusak–Sejak saat itu jam tangan ini pun dianugerahi gelar sebagai "jam tangan pertama yang dibawa ke Bulan."

Seri Speedmaster yang ditampilkan berikut adalah versi koleksi terbatas dengan desain yang terinspirasi dari koleksi perdana CK2998 yang pertama kali dirilis pada tahun 1959, yang merupakan salah satu koleksi antik paling populer dari seri Speedmaster. Menilik dari segi desain, model terbaru ini hadir dalam tampilan yang lebih fresh dibandingkan seri asli yang hadir dalam dial berwarna hitam, serta bezel dan strap berbahan stainless steel. Dalam versi terbaru ini warna navy tampil mendominasi mulai dari chronograph counter hingga pada skala menit, serta pada skala Super-LumiNova tachymetre dan strap berbahan kulit, dan diimbangi dengan penggunaan opaline perak pada bagian dial.

Omega Speedmaster CK2998 Limited Edition

Sebagai bentuk tribute bagi seri pertamanya, bagian second hand chronograph masih mempertahankan desain asli dalam rupa ‘lollipop style’ sementara ‘alpha’ hands tetap diperuntukkan untuk skala jam dan menit, begitu pula pada bagian sub-dials. Sama seperti seri asli ‘Moonwatch’, koleksi limited edition CK2998 ini menggunakan mesin Calibre 1861 dengan power reserve mencapai 48 jam. Hanya sebanyak 2.998 jam tangan yang sudah diproduksi, meski tidak bisa dikategorikan sebagai jam yang sulit didapat, namun Anda masih bisa merasakan eksklusifitas jam tangan ini.

Get the latest Omega reviews and comparisons straight to your inbox

SEAMASTER
Bila Speedy populer karena keterkaitannya dengan peristiwa pendaratan pertama manusia di Bulan, maka Seamaster adalah lini paling tua dari Omega, dirilis perdana pada tahun 1948 bertepatan dengan perayaan hari jadi ke-100 tahun brand ini. Mulanya hadir sebagai sebuah jam tangan bergaya sporty yang elegan, koleksi pertama Seamaster memiliki fitur self-winding movement dan mencuri perhatian lewat O-ring rubber gaskets-nya yang melewati tes simulasi di air dengan kedalaman mencapai 60 meter dan perubahan temperatur dari -40 hingga 50 derajat Celsius.

Pada tahun 2011, Omega melakukan kerja sama dengan GoodPlanet Foundation dan memproduksi sebuah film berjudul “Planet Ocean”, diambil dari lini jam tangan selam miliknya yang diluncurkan pada tahun 2005. Mengikuti kesuksesan film tersebut Omega pun merilis seri Seamaster Aqua Terra ‘Good Planet’. Baca selengkapnya mengenai seri ini di sini.

Omega Seamaster Aqua Terra GoodPlanet 38.5mm

Berbicara mengenai karakter Seamaster, adalah banyaknya versi yang dihadirkan Omega untuk lini ini dan semuanya memiliki ciri khas masing-masing.  Lini Aqua Terra memiliki desain yang benar-benar berbeda dengan lini Bullhead, dan sama halnya dengan seri Ploprof. Namun, ketiga seri ini sendiri dirilis sebagai bagian dari lini Seamaster, dan sedikit membingungkan dalam membedakannya.

Di sisi lain, Speedmaster memiliki ciri khas yang kuat. Meski terdapat beberapa perbedaan pada sejumlah model seperti Moonwatch, Mark II lines, namun keduanya memiliki desain bergaya sporty yang sama dengan chronograph counters, tachymeter scales, dan Anda dapat mengenalinya dengan jelas apabila melihat seseorang tengah memakai seri Speedy di pergelangan tangannya.

Maka meski Seamaster adalah kreasi tertua dari Omega yang masih diproduksi, namun kami merekomendasikan Speedmaster sebagai seri paling ikonis dan merupakan pilihan yang tepat bagi seseorang yang ingin membeli jam tangan Omega untuk pertama kali. Serta, bila harga menjadi pertimbangan utama, Speedmaster CK2998 dijual dengan harga sekira 90 jutaan rupiah. Sementara Seamaster Aqua Terra ‘Good Planet’ 38.5 mm ditawarkan dengan harga sekira 110 jutaan rupiah.

Get the latest Omega reviews and comparisons straight to your inbox

Melissa Kong

Online Editor

Like most people these days, Melissa tells the time with her phone. She considers serious timepieces works of art and thinks the perpetual calendar is the handiest complication to date (pun not intended). She's also a Grammar Nazi but promises not to judge if you can't tell the difference between "guilloche" and "guillotine".