Ulasan Brand dan Harga Rolex

HISTORI BRAND

Didirikan pada tahun 1920 di Geneva oleh Hans Wilsdorf, Montres Rolex S.A. adalah salah satu produsen jam tangan yang paling terkenal di dunia saat ini. Nama “Rolex” dipilih karena Wilsdorf menginginkan sebuah merek yang mudah dilafalkan dalam berbagai bahasa dan tidak lebih dari 5 huruf. Wilsdorf juga menginginkan nama yang mudah diingat dan tampak elegan terukir pada dial dan movement sebuah jam tangan.

Rolex juga dikenal sebagai pelopor jam tangan seperti contohnya Oyster—jam tangan tahan air pertama di dunia yang dilengkapi dengan sebuah patented system yang terdiri dari sebuah screw-down bezel, caseback dan winding crown. Adapun inovasi lain yang mereka ciptakan adalah Cyclops lens dan Parachrom hairspring, serta material-material seperti Cerachrom dan Everose gold—leburan rose gold khas Rolex.

Pada tahun 2015, Rolex memperkenalkan sebuah sistem sertifikasi khusus untuk seluruh jam tangan keluaran mereka dengan kriteria yang lebih ketat dibandingkan dengan standar pembuatan jam tangan pada umumnya. Setiap “Superlative Chronometer” menjamin after casing yang presisi dari -2/+2 detik per hari, lebih dari dua kali lipat persyaratan chronometer resmi. Hal tersebut hanyalah satu dari sekian banyak standar tinggi yang dipertahankan oleh Rolex.

JAM TANGAN UTAMA

Cellini
Berbeda dengan saudaranya, Oyster, seri Cellini adalah jam tangan yang lebih formal di antara deretan seri Rolex. Salah satu jam tangan yang paling dikenal dari seri ini adalah Cellini Prince yang dirilis pada tahun 1920-an. Seri ini sangat istimewa karena Cellini adalah jam tangan pertama dengan Chronometer yang diproduksi secara masal. Sejumlah 500 Chronometer diproduksi tahun 1936 pada peringatan 25 tahun pentahtaan King George V.
Cosmograph Daytona
Cosmograph diperkenalkan pada tahun 1963. Jam tangan ini dilengkapi dengan tachymeter terukir pada bezelnya yang berfungsi sebagai alat pengukur kecepatan. Pada tahun berikutnya, bagian dial jam tangan tersebut dilengkapi dengan tulisan ‘Daytona’ untuk memperingati balapan 24 Hours of Daytona yang diselenggarakan di Pantai Daytona, Florida, dimana Rolex sebagai sponsor utamanya. Fitur screw-down chronograph pusher yang menjadi ciri khas baru diperkenalkan setahun berikutnya untuk mencegah aktivasi chronograph yang tidak disengaja.
Datejust
Diperkenalkan pada tahun 1945, Datejust adalah jam tangan pertama yang dilengkapi dengan penunjuk tanggal. Pada model original jam tangan tersebut menampilkan tanggal genap dalam warna merah sementara tanggal ganjil berwarna hitam. Kemudian pada tahun 1955, Rolex memperkenalkan fitur penggantian tanggal instan di tengah malam, bersama dengan Cyclops lens dengan perbesaran 2,5x.
Explorer
Diperuntukkan bagi para petualang, Explorer adalah salah satu jam tangan terfavorit dalam katalog Rolex. Diperkenalkan pada 1953, Explorer berbasiskan sebuah jam tangan yang dipakai oleh Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay dalam kesuksesan perdananya mendaki gunung Everest. Rolex kemudian merilis Explorer II pada tahun 1971, dilengkapi dengan 24 hour hand yang dapat membantu pemakainya membedakan waktu siang dan malam.
Milgauss
Milgauss diperkenalkan pada tahun 1956 sebagai sebuah jam tangan anti magnetis yang ditargetkan untuk para ilmuwan dan insinyur, yang didesain sangat kokoh untuk dapat dipakai dalam lingkungan berteknologi tinggi seperti pembangkit listrik, fasilitas medis, dan laboratorium riset yang berdaya magnet tinggi sehingga dapat mengacaukan jam tangan. Rolex menghentikan produksi Milgauss di tahun 1988, lalu dilanjutkan pada tahun 2007 dengan performa anti magnetik yang disempurnakan.
Submariner
Jam tangan Rolex kedap air yang pertama diperkenalkan adalah Oyster pada tahun 1926, lalu menjadi semakin tersohor pada tahun berikutnya berkat Mercedes Gleitze yang memakainya saat berenang menyebrangi Selat Inggris. Baru di tahun 1953 Rolex menciptakan jam tangan selam pertamanya: Submariner, yang dipopulerkan lewat film-film James Bond awal, terutama yang dibintangi oleh Sean Connery.

BUTIK

JAKARTA: Plaza Indonesia Lt.1 #B69-70A

THE TIME PLACE

JAKARTA: Pacific Place Lt. G Unit 12A-B

     Plaza Indonesia Lt. 1 #165-168

     Plaza Senayan Lt. 1 #125

SURABAYA: Plaza Tunjungan 4 Lt. UG #14-16

INTime

BALI: Mal Bali Galeria Lt.  1 Unit #1B-47

DUTA BRAND

Adam Scott, Ana Ivanovic, Caroline Wozniacki, Justine Henin, Li Na, Roger Federer